Pondok Ramadhan Kwarda HW Klaten 1429 H

Pondok Ramadhan 1429 H
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan
Kwarda Klaten

SMK Muhammadiyah 2 Klaten (Lokasi Pondok Ramadhan HW Tahun1429 H)

Tanggal 3 September 2008, beberapa Pimpinan Kwarda HW Klaten dan DKD HW Klaten membahas tentang akan diadakannya Pondok Ramadhan Kwarda HW Klaten tahun 1429 H. Pertemuan tersebut di Ruang Pertemuan Utama Kantor PDM Klaten. Beberapa keputusan yang disepakati adalah :

1. Akan mengadakan Pondok Ramadhan 1429 H pada tanggal 24 - 26 September 2008 M di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.

2. Peserta pondok adalah anggota DKD yang telah eksis, Alumni Pelatihan SAR HW, dan Pasukan Drumband Kwarda HW Klaten serta tidak menutup kemungkinan simpatisan dari luar.

3. Susunan Kepanitiaan Pondok ramadhan yang telah terbentuk adalah :

Pemateri : Dr. H. Anwar Sutoyo (Unnes), Dr. Samudra Wibowo (UGM), Ibu Nanik (Polres Klaten), Drs. Aris Munawar, Ibu Hj. Fatimah Wijayati, SH, Drs. Suparlan (PMI cabang Klaten), Sukasno, BA (Sekretaris Kwarda HW Klaten), Giyono,S.Pd, Balai latihan Kerja Klaten, Base Team Training Center (Outbound Trainer Klaten)

Instruktur : Muhammad Dzikron, Burhanudin, JT. Surya, Miftahurrozaq, Iwan Satriana, Aditya Rio Wibowo, dan Yuliana Fia Rahmawati

Ketua : Aris Munawar
Wakil Ketua : Lina Suryono dan Sholikin Dalil
Sekretaris : Muhammad Dzikron
Wakil Sekretaris : Roufiqoh, Nikmah Rahtami
Bendahara : Fatimah Wijayati
Wakil Bendahara : Sartono, Dinar Septerina

Imam Training : Miftahul Huda dan Novitasari

4. Mengadakan pertemuan panitia (yang telah disusun) dan Kwarda sekaligus pengajian anggota dan buka bersama pada tanggal 6 September 2008 di Gedung PCM Klaten Utara jam 16.30 WIB

Hasil Pertemuan Panitia dan Kwarda HW Klaten tanggal 6 September 2008 di Gedung PCM Klaten Utara jam 16.30 WIB : Menyetujui pelaksanaan pondok ramadhan 1429 H dan usulan materi - materi dalam kegiatan pondok tersebut.

Materi - materi yang akan diberikan dalam kegiatan pondok tersebut antara lain :
  1. Al Islam dan Kemuhammadiyahan
  2. Teori dan Praktek Ibadah Praktis
  3. Bahaya Korupsi
  4. Bahaya Narkoba
  5. Kepemimpinan
  6. Ketrampilan Kepanduan
  7. Teori dan Praktek Retorika
  8. Outbound
  9. Psikologi Remaja dan Motivasi Belajar
  10. Achievement Motivation Training
  11. Pertolongan Pertama
  12. Kewirausahaan

Biaya pondok =
SWO = Rp 25.000,- /Sekolahan
SWP = Rp 50.000,-/Peserta

Semua pembiayaan ini ditanggung oleh sekolah masing-masing, namun bila sekolah merasa keberatan maka biaya itu ditanggung oleh masing-masing calon peserta pondok itu. Untuk meringankan smeuanya itu Kwarda memberikan jalan dengan membuatkan List Donatur, agar para anggota tersebut mencari bantuan sendiri. Ini dengan tujuan salah satunya untuk melatih mental para anggota disamping itu adalah memanfaatkan Bulan yang Penuh Berkah ini agar memberikan jalan kepada para aghniya untuk ikut membeli kunci surga - surga Allah ..

Semoga para aghniya' yang ikut membantu pelaksanaan Pondok Ramadhan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan mendapatkan balasan yang melimpah dari Allah SWT.
Amien ...

Fasilitas yang akan diberikan dalam Pondok Ramadhan tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Makan buka dan Makan Sahur serta Snack buka dan snack malam. Pake minum juga tentunya.
  2. Makalah - makalah materi Pondok Ramadhan
  3. Stiker dan Pin Penghargaan
  4. Piagam Penghargaan
  5. Buku Agenda Anggota HW
  6. Fasilitas tempat yang OK punya.
  7. Yang paling penting adalah Ilmunya, ya kan??
Perkembangan setelah rapat Hari Ahad, 14 September 2008 di Kantor HW Klaten, peserta Pondok Ramadhan ini ditambah dengan para Aktifis Remaja Islam yang ada di Sekolah - Sekolah Negeri baik tingkat SMP maupun SMA yang biasa dikenal dengan nama Rohis (Rohani Islam). Senin, 15 September 2008 semua undangan dapat diantarkan ke masing-masing sekolah2 negeri.

Hari Ahad, 21 September 2008 semua calon peserta berkumpul untuk mengadakan Technical Meeting (TM). TM dilaksanakan di di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Disamping pendaftaran peserta pondok juga diadakan Kontrak Belajar selama kegiatan PR berlangsung (Kesepakatan Tata Tertib PR).

Hari Selasa, 23 September panitia Pondok Ramadhan melaksanakan kegiatan tarub. kegiatan ini berupa checking tempat (ruang season utama, ruang tidur, ruang makan, mushola dan kamar mandi), pemasangan spanduk, umbul-umbul, dan lain2.

Pemasangan umbul - umbul dan spanduk - spanduk berada disekitar sekolahan, terutama jalan utama menuju sekolah SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Spanduk yang dipasang 3 buah slogan dan 10 umbul - umbul HW.


Spanduk tersebut diantaranya : bertuliskan ucapan Selamat Datang Peserta Pondok, Slogan "Insya Allah di Sini Akan Lahair Pemimpin Masa Depan", dan Slogan "Sungguh berta jadi kader Muhammadiyah, ragu dan bimbang lebih baik pulang"


Rabu, 24 September 2008 pukul 07.00 WIB sudah berdatangan untuk melaksanakan registrasi dan daftar ulang. Panitia yang sudah standby sejak pukul 6 pagi, khususnya petugas daftar ulang ; diantaranya : Roufiqoh, Nikmah rahtami, Dinar Septerina dan Zie.

Satu persatu maupun kelompok peserta berdatangan dengan disambut sebuah spanduk bertuliskan di Selamat Datang Peserta Pondok ramadhan 1429 H yang terpasang di pintu gerbang sekolahan tersebut. Peserta yang datang langsung menuju ke tempat daftar ulang.


Ruang Season Pondok Ramadhan HW Klaten 1429 H

Pukul 09.00 WIB Upacara pembukaan dimulai. Tamu undangan yang hadir diantaranya Pimpinan Kwarda HW Klaten, Ortom - ortom Muhammadiyah Klaten, Kepala Sekolah Muhammadiyah tingkat SLTA dan SLTP se Klaten, dan Perwakilan dari PDM Klaten.

Pembukaan dengan membaca basmallah dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al Qur'an oleh Tri Yulianto, kemudian Lagu Indonesia Raya dan Mars HW dinyanyikan bersama - sama dengan khidmat, dilanjutkan Pembacaan Undang - Undang Pandu HW secara bersama - sama. H. Sugiman ; ketua Kwarda HW Klaten memberikan sambutan dalam upacara pembukaan tersebut.


Drs. H. Subiyanto yang merupakan Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Klaten dengan berseragam HW membuka secara resmi kegiatan Pondok Ramadhan Kwarda HW Klaten tersebut. PDM sangat mendukung sekali dengan kegiatan tersebut dilaksanakan. Semoga slogan yang sekaligus do'a "Insya Allah disini akan lahir pemimpin masa depan" dapat terealisasi. Amien.

Kegiatan sepenuhnya ditangani Master of Training yaitu Miftahul Huda yang menjabat sebagai Ketua DKD HW Klaten. MOT didampingi Wakil Ketua Panitia (Lina Suryono) memberikan pengantar - pengantar sebelum acara season dimulai.

Pemateri dan Fasilitator Pondok Ramadhan HW

Season pertama disampaikan oleh Ramanda Drs. Suparlan yang menjabat sebagai Ketua III Kwarda HW Klaten (ketua bidang Diklat) yang sekaligus menjadi anggota PMI Cabang Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Dasar - dasar Pertolongan Pertama. Dalam kesempatan ini belum ada prkatek - praktek, karena masih taraf dasar, dan praktek akan disampaikan dilain kesempatan.

Season kedua disampaikan oleh Ramanda H. Djaelani Haqiqi, yang merupakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Klaten Majelis Tabligh. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Problematika Dakwah dan Solusinya.

Disetiap season berlangsung dipandu oleh seorang fasilitator. Setelah Muhammad Dzikron pada season pertama, pada season kedua, fasilitatornya adalan Nur Cahya Utama. cahya adalah Anggota DKD HW Klaten Angkatan 5 yang menjabat sebagai Sekretaris DKD HW Klaten.

Season ketiga disampaikan oleh Ramanda Dr. Anwar Sutoyo, MPd., Dosen Universitas Negeri Semarang yang dulu aktif di PD IPM Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Psikologi Remaja dan Kiat Cerdas bagi Remaja. Kiat cerdas dari Al Qur'an dan Al hadits.

Season keempat disampaikan oleh Ramanda Drs. H. Suhud Eko Yuwono, M.Hum. Beliau adalah Ketua PDM Klaten Majelis Dikdasmen, yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor 3 di Universitas Widya Dharma Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Proses dan Ciri - ciri Kepemimpinan. materi sangat menarik apalagi dengan ditampilkan film2 kepemimpinan.

Dalam season kepemimpinan tersebut, proses acara difasilitatori oleh Sholikin Dalil, yang merupakan Anggota DKD HW Klaten ke 4 yang menjabat sebagai Koordinator Keagamaan. Sho ini juga menjadi mayoret Drumband HW Klaten lho.. ingin liat action waktu jadi mayoret buka saja di Klik disini.


Season kelima disampaikan oleh Ramanda H. Iskhak Sulistyo. Beliau adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten, yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Kebonarum Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Materi Ok disampaiakan dengan jelas dan terpetinci.

Season keenam disampaikan oleh Ibunda Nanik dari Polres Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Bahaya Narkoba. Para peserta sangat tertarik dengan materi ini, apalagi beliau memutarkan film2 tentang narkoba. Semoga bisa ketemu lagi ya bu, dalam acara lain. Acara ini di fasilitatori oleh DInar Septerina.

Season ketujuh disampaikan oleh Ramanda Sriyatno dari BLK Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Kewirausahaan. Acara ini di fasilitatori oleh Sholikin Dalil. Weh dua kali ya jadi fasilitatornya??

Season kedelapan disampaikan oleh Ramanda Dr. H. Harjanto. beliau disamping sebagai Pembimbing Jamaah Haji Arofah PDM Klaten, juga sebagai Direktur RS. Mitra Medika Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Manfaat Puasa ditinjau dari Medis.

Season kesembilan disampaikan oleh Ramanda Her. Beliau dulu aktif di PD IPM Klaten dan sekarang menjadi dosen di UGM Yogyakarta. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Bahaya Korupsi. Acara ini di fasilitatori oleh Febri Kusnadi. Dengan adanya materi ini para peserta menjadi tahu apa itu korupsi yang biasa hanya ditayangkan lewat TV.

Season kesepuluh, Kesebelas dan kedua belas disampaikan oleh Ramanda H. Sukasno. Beliau adalah sekretaris Kwarda HW Klaten. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Manfaat Organisasi dan Ibadah Praktis serta Retorika.

Season terakhir disampaikan oleh Muhammad Dzikron dan Iwan Satriana. Dalam kesempatan ini mereka menyampaikan Achievement Motivation Training.


kegiatan outbound sebagai ice breaker selalu disampaikan oleh fasilitator2. Lihat ini Huda dan Zie waktu mimpin Outbound pada pagi hari di halaman SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Meskipun bukan hanya mereka yang ikut menjadi trainer outbound, masih banyak anggota yang lain, fotonya nanti dibawah.


Dokumentasi Kegiatan Outbound :
Ini lho yang saya maksud Trainer Outbound HW Klaten. Inilah pose2 waktu selesai Olahraga pagi. Pada belum mandi sudah action dan pastinya nampang di internet lagi. Outbound yang disampaikan antara lain : Bola manusia, Paku Ajaib, Manusia Huruf dan lain - lain dech, pokoknya seru.

Setiap pagi, semua panitia maupun peserta bersama - sama melaksanakan kegiatan Olahraga Pagi. pagi itu senam dipandu oleh Zie dan Huda serta dibantu temen2 panitia yang lain. Kegiatan ini dilanjutkan dengan Jalan Sehat menyusuri sawah - sawah.

Jalan Sehat ini menyusuri perkampungan disekitar Lokasi Pondok Ramadhan. Jalan - jalan ini sekitar 20 menit saja biar suasana agak segar dan tidak jenuh didalam lokasi pelatihan terus.


Dokumentasi Outbound yang lain :











Dinamika Kelompok











Game - game di lapangan











Paku Ajaib










Outbound Ruangan

Outbound - outbound tidak hanya dilakukan diluar ruangan saja, namun didalam ruangan juga selalu dan selalu di adakan game - game, sehingga peserta merasa tidak bosan dan rasa jenuh menjadi hilang.

Dokumentasi yang lain :










Forum terbuka dan Kontes Kaos Panitia











Keluarga Sakinah Mawaddah dan Warohmah (kiri) dan Peserta Putra Putri Tergiat (kanan)











Tragedi Ulang Tahun dan Panitia saat tadarus Al Qur'an










Spanduk dari POLRES KLaten










Suasana Praktek Kultum secara bergilir










Duh ... yang satu narsis yang satunya kok sdih banget se ..
Armada DKD HW Klaten yang digunakan sebagai tranportasi kegiatan


Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Panitia tidak dapat memberikan sesuatu yang berarti untuk para pemateri yang telah memberikan ilmu-ilmu kepada anggota HW Klaten, semoga Allah membalasnya. Amien. Dari panitia hanya memberikan sedikit bingkisan, semoga bermanfaat. Hasil Rekapitulasi, Evaluasi, Kesan, dan Pesan peserta adalah sebagai berikut :

  1. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti selanjutnya dan siap menjadi anggota DKD HW klaten yang handal.
  2. Para peserta menginginkan tindak lanjut untuk kegiatan tersebut.
  3. Pemateri Terfavorit dalam acara tersebut adalah : Drs. Suhud Eko Yuwono, M.Hum
  4. Fasilitator Terfavorit adalah : Muhammad Dzikron
  5. Anggota DKD Terfavorit : Miftahul Huda
  6. Panitia Terfavorit : Sartono
  7. Peserta Favorit : Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warohmah
  8. Peserta Terunik : Wawan (SMP Muhammadiyah 1 Klaten)


Kegiatan berakhir dengan penutupan pada hari Jumat, 26 September 2008 pukul 11.15 WIB. Acara ini ditutup secara resmi oleh Kwarda HW Klaten. Semoga kegiatan - kegiatan selanjutnya dapat terus ditingkatkan. HW Klaten OK Dech ....
Semangat - Semangat ....

Wassalam ..
By. Zie


4 komentar:

Post a Comment