"SELAMAT DATANG DI SITUS HW KLATEN, JIKA ADA SESUATU YANG DIKONSULTASIKAN BISA ADD BBM KAMI 748066C7 ATAU MELALUI SMS KE 085725588696. UNTUK PESANAN BARANG : TRANSFER UANG DIATAS PUKUL 13.00 WIB, MAKA PENGIRIMAN BARANG DI HARI BERIKUTNYA. TERIMAKASIH"

Perjalanan ke Bali

PERJALANAN KE BALI


Salah satu tujuan wisata yang paling menonjol di Indonesia adalah pulau Bali. Oleh karena menjadi tujuan wisata, tentulah banyak hal yang muncul sebagai dampak dari kegiatan kepariwisataan ini; baik dampak positif maupun dampak negatif. Konggres KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dilaksanakan di Pulau Dewata itu mulai tanggal 28 Oktober 2008 s.d 1 November 2008. Dalam kesempatan ini KNPI Kabupaten Klaten mengirimkan personal ± 57 orang. Disamping bertujuan untuk menghadiri acara tersebut juga sekaligus berwisata.

Muhammadiyah merupakan organisasi besar di Klaten, sehingga secara otomatis juga terlibat dalam KNPI ini, diwakili oleh Pimpinan - Piminan ortom – ortomnya. Dalam hal ini utusan dari masing – masing Ortom adalah Pemuda Muhammadiyah : Bp. Yatiman, HW : Muhammad Dzikron, NA : Tutik dan Nana, IMM : Huda dan Ardheni.


1. Jadwal Pelaksanaan
  1. Hari Pertama Selasa, 28 Oktober 2008

NO

WAKTU

KEGIATAN

1

11.00 WIB

Berangkat dari Dinas Pariwisata

2

14.00 WIB

Tiba di RM. Putra Jawa Timur

3

15.00 WIB

Perjalanan dilanjutkan

4

21.00 WIB

Tiba di RM. Depot Surabaya


  1. Hari Kedua Rabu, 29 Oktober 2008

NO

WAKTU

KEGIATAN

1

05.10 WIB

Tiba di Pelabuhan Ketapang

2

06.15 WITA

Tiba di Pelabuhan Gilimanuk

3

07.00 WITA

Tiba di RM. Negare Bali

4

11.00 WITA

Wisata di Tanah Lot

5

14.00 WITA

Wisata di Danau Batur /Kintamani dan Makan siang

6

16.00 WITA

Sampai di Hotel Puri Indah 3

7

19.00 WITA

Menghadiri Acara Konggres di Hotel Aston

8

22.00 WITA

Kembali ke Hotel dan Istirahat


  1. Hari Ketiga Kamis, 30 Oktober 2008

NO

WAKTU

KEGIATAN

1

04.00 WITA

Bangun tidur

2

06.00 WITA

Sarapan di Hotel

3

07.00 WITA

Berangkat Wisata

4

08.30 WITA

Wisata di Pasar Sukawati

5

10.30 WITA

Wisata di Tanjung Benoa

6

13.00 WITA

Wisata di Dreamland

7

14.15 WITA

Wisata di Joger

8

15.30 WITA

Wisata di Kuta

9

19.00 WITA

Wisata dan Dinner di Jimbaran

10

21.30 WITA

Kembali ke Hotel


  1. Hari Keempat Jumat, 31 Oktober 2008

NO

WAKTU

KEGIATAN

1

04.00 WITA

Bangun tidur

2

06.00 WITA

Sarapan di Hotel

3

07.00 WITA

Check Out dan Berangkat Wisata

4

09.00 WITA

Wisata di Sangeh

5

10.30 WITA

Wisata di Bedugul

6

11.30 WITA

Meninggalkan Bedugul menuju Pelabuhan

7

13.30 WITA

Makan Siang di Bus

8

15.00 WITA

Tiba di Pelabuhan Gilimanuk

9

16.15 WIB

Tiba di pelabuhan Ketapang

10

19.00 WIB

Dinner di RM. Prasmanan Jawa Timur

11

20.00 WIB

Melanjutkan Perjalanan Ke Klaten


  1. Hari Kelima Sabtu, 1 November 2008

NO

WAKTU

KEGIATAN

1

06.00 WIB

Sampai di Kota Klaten

2

07.00 WIB

Sampai di Kantor HW tercinta


2. Kondisi Umum Pulau Bali

Propinsi Bali terdiri dari beberapa Pulau yaitu Pulau Bali yang merupakan Pulau terbesar, sedangkan pulau-pulau kecil lainnya adalah Pulau Nusa Peninda, Pulau Nusa Cengan, Pulau Nusa Lembongan Serangan dan Pulau Menjangan. Luas wilayah Bali secara keseluruhan yaitu 5.636,86 Km² atau 0,29% dari luas kepulauan Indonesia. Jumlah penduduk Bali adalah 3.431.368 jiwa.

Secara Administratif Propinsi Bali dibagi menjadi 8 kabupaten dan 1 kota, 55 kecamatan, 701 Desa/Kelurahan, dan 1.432 Desa Pekraman dan 3,945 Desa Banjar/Adat. Luas Kabupaten Banjar 1.365,88 Km², Jembrana 841,80 Km , Tabanan 839,33 Km², Denpasar 127,78 Km², Gianyar 368,00 Km2, Bangli 520,81 Km2, dan Karangasem 839,54 Km², Kondisi ekonomi Daerah Bali dapat dilihat dari struktur perekonomian, distribusi prosentase PDRB masih didominasi oleh sektor Perdagangan, Restoran (30,92%), sektor pertanian (21,52%) dan sektor jasa (13,63%)
.

Kondisi sosial masyarakat Bali secara umum cukup baik, dibuktikan dengan kegiatan sosial keagamaan yang dilakukan masyarakat berjalan sebagaimana biasanya. urutan pemberian nama - nama untuk orang bali bersaudara, mulai dari yang tertua sampai termuda adalah : wayan/gede/putu -> made/kadek/nengah ->nyoman/komang -> ketut.


Wisata di Pulau Bali menunjukkan 7 Pesona Bali :

  1. Keamanan

  2. Ketertiban

  3. Keindahan

  4. Kebersihan

  5. Kesejukan

  6. Keramah tamahan

  7. Kenangan


Di Bali, tidak ada sistem RT/RW. sebagai penggantinya digunakan nama banjar, yg luas daerahnya kira2 sama dengan RW.


3. Tempat
Wisata di Bali

a. Tanah Lot


Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu tertelak bener2 di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Bahkan pada hari yang terang (laut tidak berkabut, cerah lah) kamu bisa melihat Pura Uluwatu dari sini. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi Pulau Bali. Dan Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Beliau adalah Sanghyang Nirantha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Sanghyang Nirantha.

Bendesa Beraben menyuruh Sanghyang Nirantha untuk meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana.

Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben’akhirny’ menjadi pengikut Sanghyang Nirantha.

Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan, melengkung gitu. Apabila kamu turun ke pantai antara Pura Tanah Lot dengan tebing, maka pada bulan tertentu kamu akan menyaksikan sunset terhebat versi gue. Bola matahari yang berwarna merah akan tepat berada di lobang tebing. Seperti mata yang lelah memandang dunia. Sayang nya pemandangan ini cuman ada pada bulan-bulan tertentu yaitu saat matahari tenggelam condong ke utara.

Dari tempat parkir menuju ke area pura kamu akan banyak menjumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Feel free buat belanja. Yang bisa nawar dianjurkan.

b. Pantai Sanur


Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di Pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Pantai Sanur berada di kabupaten Badung. Pantai Sanur adalah lokasi untuk berselancar (surfing). Terutama ombak Pantai Sanur sudah termasyur di antara para wisatawan mancanegara. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian. Pantai Sanur dikenal sebagai Sunrise Beach (pantai matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta

c. Pantai Kuta


Pada jaman dahulu Pantai Kuta mempunyai sejarah hitam, karena terkenal sebagai tempat pembuangan bag
i penderita penyakit lepra serta dihuni oleh para penggemar ilmu hitam. Di lain pihak, Pantai Kuta ini memiliki posisi strategis khususnya bagi mereka yang melakukan perjalanan dari India menuju Australia lewat Asia Tenggara

Setelah Hugh Mahbett menerbitkan bukunya dengan judul "Pujian untuk Kuta" yang menawarkan kepada masyarakat setempat untuk mempersiapkan fasilitas kepariwisataan, Pantai Kuta mulai dikenal. Sekarang setiap keluarga memperbanyak jumlah kamamya untuk penginapan wisatawan, demikian juga warung makan, retoran, diskotik, dan toko-toko tumbuh dengan cepatnya. Arus kunjungan wisatawan dari hari ke hari terus meningkat yang sekaligus mengundang penduduk luar daerah datang ke Bali ikut membangun fasilitas pariwisata. Pantai Kuta yang lebar, berpasir putih bersih merupakan daya tank tersendiri bagi wisatawan, sehingga ada ucapan, "Datang ke Bali tanpa mengunjungi Pantai Kuta belumlah lengkap". Sekarang Pantai Kuta telah mampu menjadi pusat pariwisata Bali, karena telah dapat menyediakan fasilitas lengkap sesuai dengan kebutuhan wisatawan seperti berbagai penginapan dan hotel, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, kehidupan malam begitu marak. Sarana dan fasilitas olahraga seperti Bungy jumping dan water boom.

d. Tanjung Benoa


Tanjung Benoa terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung. Pantai ini merupakan tujuan wisata air yang cukup lengkap. Berbagai sarana olahraga air disediakan disini seperti banana boat, snorkling, flying fish, parasailing, dan jetski. Fasilitas dan sarana rekreasi yang ada di Tanjung Benoa.

Pesona lain dari pantai ini adalah adanya Pulau Penyu yang berjarak kurang lebih 20 - 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu. Pulau ini disebut Pulau Penyu, karena merupakan tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah.

Penangkaran itu bemama Pudut Sari. Di Pulau Penyu terdapat ratusan ekor penyu berbagai ukuran dan usia, serta ular, monyet, burung, dan hewan lain yang jinak.


e. Bedugul


Bedugul itu sebenernya nama sebuah desa. Namun orang sering salah kaprah dengan kata Bedugul. Ada yang bilang Bedugul itu nama danau, nama pura sampe nama pasar.

Anggapan itu muncul mungkin karena selain sebagai sebuah desa, Bedugul juga adalah sebuah kompleks. Dalam sebuah area yang kurang lebih berdiameter 5 km, ada beberapa macam tempat yang asik buat dikunjungi. Dimulai dari Desa Bedugul sendiri, Kebon Raya, lalu Danau Beratan (danau terbesar kedua di bali), Pura Ulun Danu, sampe Pasar Tradisional Candi Kuning.

Kebon Raya yang ada disini lumayan luas.
Kalau berjalan kaki bisa menghabiskan waktu 20 menit. Di sini terdapat beratus-ratus spesies tumbuhan, mulai dari yang indah-indah kaya bunga rose sampai yang berduri-duri juga ada.

Kendaraan airnya sendiri beragam. Ada perahu dayung, perahu mesin sampe motor boat.
Pasar Candikuning adalah tempat yang cocok buat beli oleh-oleh terutama buah. Bedugul dikenal maniak soal produksi buah. Ada strawberry, jagung, markisa, bla..bla..bla. Semua ada deh.

Sebenernya, hal yang paling asik di Bedugul itu udaranya yang cool banget. Trus pemandangannya yang bisa
melihat hampir seantero Bali. Kalo di Jawa, Bedugul ini mungkin mirip-mirip Puncak.

f. Dreamland Beach

Pantai Dreamland yang terletak di pesisir selatan Jimbaran. Dari Garuda Wisnu Site, lurus beberapa kilometer lagi sampai ketemu gerbang gede. Setelah gerbang, ada sekitar 3 kilometer boulevard dgn view tebing – tebing dan perumahan dibangun real estate megah, mungkin khusus untuk orang – kaya kali ya?

Pantai Dreamland pertama kali dilirik orang setelah grup musik dunia MLTR bikin video klip disini. Airnya bersih dan ombaknya besar – besar sehingga banyak yang dimanfaatkan untuk berselancar. Ya karena ombaknya besar maka disepanjang pantai jarang terlihat Perahu atau kapal – kapal berbeda dengan di Tanjung Benoa.

Lalu pasirnya juga cantik , dibanding Kuta/Sanur yg mulai kotor, Dreamland 3x lebih bagus. Meskipun udara bagi saya sangat panas, namun banyak bule – bule yang berjemur disana. Bahkan kalau dilihat disepanjang pantai Dreamland banyak terlihat bule berjemur. Karena banyak dikunjungi wisata asing so harga apa – apa disana mahal. Terlihat tulisan besar dipampang disebuah warung makan harga makan 1 porsi cuma Rp. 165.000,- itupun yang paling murah. Juga terlihat di depan pintu kamar mandi ; Mandi Rp. 10.000,-, Buang Air / Kecil Besar Rp. 5.000,-. Coba bayangin kalau di Klaten uang segitu ma dapat nasi kucing banyak porsi. He2

Satu lagi yg perlu diperhatikan, jalan menuju pantai banyak berbatuan. Bagi Bule se indah dengan merasakan udara serta matahari yang panas, namun bagi orang Jawa khususnya yang dari Klaten bakal kelabakan. Pokoknya harus siap payung plus kacamata. Ni kita perlihatkan dokumentasi yang agak jauh dari bule yang sedang berjemur. Kalau ingin lihat yang lebih dekat lagi, ya langsung saja datang ke Bali. He2

g. Sangeh


Mau tahu pusatnya monyet, di sini Sangeh tempatnya. Terdapat hutan alami yang besar - besar dengan ratusan ribu ekor monyet di dalamnya. Umumnya monyet-monyet disini lumayan tidak ramah. Hati-hati dengan barang bawaan mulai dari perhiasan, kacamata sampe tas jinjing. Sekali disamber, bakal dilarikan masuk hutan, dan ngalamat tidak bakal kembali sampai akhir hayat kamu. He2. Pokoknya hati – hati saja kalau disana.

Untuk lebih amannya, banyak guide lokal yang bisa dimintai tolong untuk mengantarkan. Paling tidak mereka udah berpengalaman menghadapi serbuan monyet-monyet. Mereka akan mengantarkan kamu sampai ke tengah hutan di mana terdapat sebuah pura yang menurut mitos dijaga oleh para monyet di sini. Menurut guide itu kalau ada monyet yang naik ke bahu kita, gak boleh dipegang lo, biarkan saja, soalnya kalau dipegang tambah bringas. Malah ini kesempatan buat foto - foto ya?? Tuturnya .. (Duh .. Mbak jangan takut dong?? .. SMILE :))


Demikian sedikit cerita perjalanan di Pulau Bali semoga bermanfaat.

Wassalam ...



0 komentar:

Post a Comment