Idul Adha 1429 H


IDUL ADHA 1429 H

(Qurban)

Hari Raya Idul Adha 1429 H jatuh pada hari Senin, 8 Desember 2008. Tidak hanya di Klaten, hampir diseluruh dunia pelaksaan Hari Raya dapat bersamaan. Idul Adha yang sering juga disebut dengan Idul Qurban, merupakan sebuah tradisi umat Islam setiap tahun Insya Allah sampai hari kiamat tiba. Dalam tahun 2008/1429 H ini diberbagai daerah nampak terjadi peningkatan kesadaran berkurban, nampak di masjid - masjid mengalami peningkatan jumlah Hewan Qurban, baik berupa Sapi maupun kambing.


Kwarda HW Klaten tidak mau ketinggalan menuai pahala dalam moment ini. Meskipun waktu perencannan sangatlah mendesak, akan tetapi yang namanya program haruslah tetap dijalankan. Beberapa usaha yang ditempuh adalah mengajukan surat permohonan hewan kurban ke Sekolah - Sekolah Muhammadiyah di Kab. Klaten yang sekiranya dapat mengumpulkan hewan kurban. Karena waktu yang sangat mendesak itulah Kwarda HW Klaten hanya mendapatkan 4 ekor Kambing dalam waktu 3 hari sebelum hari H. Beberapa Donatur Hewan Kurban Yaitu : Keluarga Ramanda H. Sukasno (2 Ekor Kambing), SMP Muhammadiyah 1 Klaten (1 Ekor Kambing), dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom (1 Ekor Kambing).












Burhanudin - Iwan Satriana
(berpose belajar cari gaya)

4 ekor kambing tersebut telah disalurkan diberbagai tempat. 1 ekor kambing di Ds. Tegal Duwur, Pokak, Ceper, Klaten, 1 ekor di Ds. Jengglong, Bandungan, Jatinom, dan 2 ekor disembelih dalam Bakti Sosial Bersih - Bersih Area Kampus Akademi Akuntansi Muhammadiyah (AAM)/ Studio Anda FM Klaten di Jl. Andalas Klaten.

Disamping adalah dokumentasi serah terima dari SMP Muhammadiyah 1 Klaten kepada Kwarda HW Klaten. Kwarda HW Klaten diwakili 3 anggotanya yaitu Muhammad Dzikron, Burhanudin dan Iwan Satriana. Kambing tersebut dibawa ke Ds. Jengglong, hanya dengan sepeda motor. Meskipun agak susah namun akhirnya sampai juga ditempat tujuan.

Ni Kambingnya yang mana ya?? he22. Karena kambingnya nakal makannya di jewer tuch .. Di Ds. Jengglong ini, hanya ada 4 ekor Kambing yang akan disembelih. Terdiri dari 3 dari warga sekitar dan 1 dari Kwarda HW Klaten. Meskipun demikian, daging itu dibagikan secara merata lho??

Kambing satu persatu disembelih oleh Ramanda Lasono (Takmir Masjid) yang kebetulan adalah ayah dari Burhanudin (Kwarda HW Klaten). Proses penyembelihan dibantu oleh warga sekitar, dan disaksikan oleh semua kalangan baik dari anak - anak sampai dengan yang tua juga ada lho.. Bapak - bapak memotong daging kurban, sedangkan ibu - ibu mempersiapkan bumbu di dapur untuk persiapan makan siang.

Setelah menyaksikan penyembelihan yang lumayan agak puas, mereka bertiga (Zie, Iwan dan Burhan), pergi ke kebun untuk memetik buah rambutan ace untuk hidangan pencuci mulut. Di kebun itu banyak buah - buahan. Diantaranya ada pisang, durian, pepaya, mangga, pakel, kelapa, dan lain - lain. Jadi bagi yang pengen menikmati buah - buahan yang langsung dipetik dari pohonnya silahkan datang saja ke Ds. Jengglong, Bandungan, Jatinom, pasti puas dech ..

Pada Hari Rabu, 10 Desember 2008 , Kwarda HW Klaten bersama dengan AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) (ortom Muhammadiyah di Klaten) mengadakan Baksos dan pengajian di Komplek Kampus Akademi Akuntansi Muhammadiyah Klaten/ Studio Anda FM di Jl. Andalas Klaten. Kegiatan ini di jadwal sebagai berikut :

08.00 - 12.00 Bersih - bersih Area Kampus/Studio
12.00 - 13.00 Istirahat, Sholat dilanjutkan pesta Kurban
13.00 - 15.00 Pengajian Hari Raya Idul Adha 1429 H dan Konsolidasi Organisasi

Dalam acara ini alhamdulillah semua perwakilan ortom dapat hadir dalam acara tersebut. Perwakilan mereka datang dengan membawa peralatan kebersihan diantaranya sabit, sapu, dll. Tidak semua undangan mengikuti acara bersih - bersih, ada beberapa yang memang diundang hanya pada saat pesta kurban, pengajian dan konsolidasi organisasi, yaitu Ramanda Ibunda Pimpinan Kwarda HW Klaten. Karena acara bersih - bersih sudah ditangani oleh yang muda - muda yakni DKD HW Klaten dan Angkatan Muda lainnya.

Semoga apa yang dilakukan senantiasa mendapat Ridho dari Allah SWT. Amien ..
Fastabiqul Khairat ..


0 komentar:

Post a Comment