Kwarda HW Klaten sebagai Pionir HW Nasional

SM No. 21 Th. Ke-91 // 1 – 15 NOVEMBER 2006 M

KWARDA HW KLATEN
SEBAGAI PIONIR HW NASIONAL

Musyawarah Daerah ke-1 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Klaten telah digelar pada hari Ahad tanggal 16 Sya'ban 1427 H bertepatan dengan tanggal 10 September 2006 bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Klaten yang dihadiri sekitar 400 peserta Pandu HW, yang terdiri dari :
  1. Anggota Pemimpin Kwarda HW Klaten
  2. Utusan Pimpinan Dari 18 Kwarcab HW
  3. Utusan Pemimpin/Pembina Sekolah)
  4. Utusan 8 PCM yang belum terbentuk Kwarcab
  5. Peninjau yang diundang oleh Pimpinan Kwartir Daerah
Acara Musyda Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan inii dimulai dengan Rakerpim pada hari Sabtu tanggal 9 September 2006 di Aula SMP Muhammadiyah 1 Klaten yang dihadiri oleh oleh para peserta Musyda yang membahas Rancangan Tata Tertib Pemilihan Pimpinan Kwartir Daerah. Rancangan Tata Tertib ini disyahkan dalam acara Musyda.
Adapun acara Musyda disemarakkan oleh paduan Suara Kwarda Hizbul Wathan Klaten yang telah menerbitkan CD Lagu-lagu Perjuangan Muhammadiyah dan Hizbul Wathan yang diterbitkan oleh Khasanah Muslim Annur, Sangkal Putung, Bareng Lor, Klaten.
Setelah paduan suara, dilanjutkan dengan Pembacaan Undang-undang Pandu Hizbul Wathan, kemudian Pidato Iftitah oleh Ketua PDM Klaten : Drs. H. Subiyanto dan Sambutan pembukaan Musyda oleh Bapak Bupati Klaten. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kwartir Wilayah HW Jawa Tengah : Drs. H. Abdul Rasyid Wasyim. MA dan ditutup dengan do'a oleh Kakandepag Klaten Drs. H. A. Fatah Ansori.
Ketua Umum Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan H. Suparno dalam laporannya mengatakan bahwa realisasi program kerja untuk periode 2000-2006 antara lain sosialisasi dan pembentukan Kwarcab HW se Kabupaten Klaten sudah terbentuk 18 Kwarcab dan persiapan 8 Kwarcab segera dilaksanakan setelah Musyda. Kemudian mengirimkan Pandu Pengenal dari SMP Muhammadiyah 1 Klaten dalam rangka Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tiap tahun di alun-alun Pemda Klaten.
Mengikuti peringatan dan aksi dalam rangka Hari Madat se Dunia yang diselenggrakan oleh Polres Klaten pada hari Ahad 23 Juni 2003. Mengikuti karnaval pembangunan dengan route monumen juang 45 sampai halaman Kantor Pemda Klaten, pasukan Kwarda HW terdiri : PGT Pandu Wreda, Pandu Athfal, Pandu pengenal, Pandu penghela, Pimpinan Kwarda dan Kwarcab HW dan Drumband HW Kwarcab Tulung .
Dan alhamdulillah menyabet juara 3 dalam karnaval tersebut mengikuti pawai taaruf dalam rangka pembukaan MTQ Umum se Jawa Tengah Kwarda HW terdiri : Pasukan PGT, Pandu Athfal SD Muhammadiyah Tonggalan, Pandu Pengenal SMP Muhammadiyah 1 dan Pandu Penghela SMA Muhammadiyah 2 Klaten.
Mengikuti Upacara Bendera dalam rangka hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kabupaten Klaten. Mengikuti acara Gebyar Muswil Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah. Mengikuti Jambore Hizbul Wathan yang diselenggarakan Kwarwil HW Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Kepurun Klaten. Mengikuti Pentas Drumband Panser DKD dan membantu keamanan praktek Manasik Haji KBIH Arofah.
Mengikuti Jambore Nasional Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dan Sarasehan Pandu Wreda Tingkat Nasional dalam Rangka Muktamar Muhammadiyah ke-45 tanggal 2-6 Juli 2006 di Batu, Malang, Jawa Timur. Menampilkan Pasukan Drumband PGT dan Drumband Panser DKD dalam rangka Pembukaan Muswil PWM Jawa Tengah di Purwokerto.
Mengutus 40 relawan Tanggap Bencana Alam dalam Siaga Merapi bergabung dengan relawan PMI Cabang Klaten di Posko Balai Desa Dompol, Kemalang, Manisrenggo.
Bekerjasama dengan PWA Jawa Tengah dan PDA Klaten menyelenggarakan Jambore Anak Muslim Korban Gempa yang diikuti oleh 550 Peserta dari SD/Ml dan TPA di Lapangan Gesikan, Gantiwarno. Dan paling monumental adalah : Menerbitkan CD berupa album Lagu-lagu Perjuangan Muhammadiyah dan Hizbul Wathan yang diterbitkan oleh Khasanah Muslim Annur Sangkal Putung Klaten.
Membantu Perawatan Jenazah Warga Muhammadiyah. Menyelenggarakan kegiatan Diklat Jaya Melati l bertempat di Komplek Monumen Juang 45 yang diikuti oleh Kwartir Pusat. Menyelenggarakan Jambore Daerah l Tingkat Pengenal dengan diikuti peserta sejumlah 488 bertempat di Karanganom, Klaten. Mengikuti Lokakarya HW yang diselenggarakan Kwartir Pusat di Yogyakarta.
Setelah Ketua Kwarda HW H. Suparno, memberikan sambutannya kemudian dilanjutkannya sambutan dari Kwarwil HW Jateng Drs. H. Abdul Rasyid Wasyim. MA dan Bupati Klaten Sunarno, SE yang diwakili oleh Hj. Surti Martini (Camat Klaten Selatan).
Dalam sambutannya mengatakan HW pada waktunya nanti akan menjadi kader penerus Muhammadiyah, Umat Islam, dan Bangsa Indonesia. Serbagaimana telah terbukti salah satu Anggota Pandu HW telah terpilih menjadi anak bangsa terbaik sebagai Panglima Besar Yakni Jenderal Sudirman.
Oleh karena itu kami segenap Pandu HW untuk : terus meningkatkan kualitas disamping kuantitas, bangun organisasi ini yang rapih dan kuat dan menjalin dengan semua pihak serta melakukan karya-karya nyata dengan semboyan Fastabiqul Khairat.
Dalam Musyda itu akhirnya bisa memilih dan menetapkan Pimpinan Kwarda HW Kabupaten Klaten untuk Periode 2006-2011.


Sebagai Ketua : H. Sugiman, BA, Wakil Ketua : H. Abdul Fattah, H. S. Haryanto, S.Ag, Drs. Suparlan, Drs. Surono, M.Ag, Kemudian sebagai Sekretaris : H. Sukasno, BA, Wakil Sekretaris : Retno Sulistyani, S.Pd, Muhammad Dzikron, Bendahara : Purwadi, SAg, Wakil Bendahara Sri Purwantrini, S.Pd, Ir. Hj. Rufaida Istiati.
Kepengurusan ini dilengkapi enam bidang yakni : Kegiatan Pandu wreda, Islam dan Kemuhammadiyahan, Pembinaan dan Pengembangan, Pendidikan dan Latihan, Humas dan Dokumentasai dan Bina Karya mandiri. Ton. M.
Diketik ulang : Zie

0 komentar:

Post a Comment