Milad HW Ke-90


MILAD HW KE-90

2008 (Dua ribu delapan). Genap sudah usia HW ke-90 tahun. HW yang didirikan pada tahun 1918 di Yogyakarta pada kesempatan ini, HW baik di Jawa Tengah maupun di seluruh penjuru tanah air Indonesia merayakan hari kelahirannya. Mengingat pentingnya sebuah moment untuk mengevaluasi diri, apa kekurangan yang telah dilalui pada tahun sebelumnya dan sebagai motivasi untuk mengembangkan diri pada tahun-tahun yang akan datang.

Pada tanggal 27 – 29 Desember 2008 Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah merayakan Milad HW ke-90 di Kudus. Dalam Milad ini dijadikan sebagai wahana sosialisasi dibangkitkannya kembali di Tanah Air Indonesia, karena masih ada beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah belum berdiri Kwartir Daerahnya, diantaranya Eks. Karesidenan Pati. Di pilih Kab. Kudus sebagai tempat milad ini karena di Kudus lah yang merupakan HW pertama kali di bangkitkan kembali dalam lingkup Eks. Karesidenan Pati, sehingga diharapkan akan dapat segera menyusul berdirinya Kwarda-Kwarda yang belum bangkit khususnya di Eks. Karesidenan pati maupun di Tingkat Wilayah Jawa Tengah.

Dalam Milad ini mengusung tema "Benih Bangsa Yang Tak Kunjung Layu, Siapa Menanam Mengetam". Dengan tujuan diantaranya sebagai berikut :

  1. Terpublikasi kegiatan yang bernuansa ukhuwah Islamiyah, cerdas dan spiritualitas amar makruf nahi munkar sebagai ciri khas gerakan Muhammadiyah

  2. Terselenggaranya kompetsisi dengan menghasilkan kualitas, cerdas, sehat dan gembira dan bermakna bagi kepentingan persyarikatan, umat Islam, bangsa pada umumnya.

  3. Pentingnya pemahaman akan fungsi dan peran Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai kader masa depan persyarikatan Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia.

Ada berbagai tempat yang digunakan sebagai komplek pelaksanaan Milad HW di Kudus ini diantaranya : SMP Muhammadiyah 1 Kudus di Jl. KHR. Asnawi 7 Kudus, Halaman parkir GOR Wergu Kudus, Halaman Jambu Boi (Utara SMP Muhammadiyah 1 Kudus) dan Akkes Muhammadiyah Kudus.

Dalam Milad HW ke-90 ada beberapa agenda yaitu : Perkemahan, Apel Milad, Kirab/Pawai Ta'aruf, Pentas Seni, Temu Pimpinan PDM dan Kwarda se-Jawa Tengah.

Jumlah peserta Milad HW ke-90 kurang lebih 3000 orang terdiri dari :

  1. Peserta Perkemahan, yaitu :

    1. Seluruh Qobilah pandu HW SD/MI dan SMP/MTs Muhammadiyah Kudus dengan tiap sekolah mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri

    2. Qobilah SMA/SMK/MA Muhammadiyah di Kudus

  2. Tamu Undangan, yaitu :

    1. Pimpinan PWM Jawa Tengah

    2. Pimpinan PDM dan Kwarda GKHW se Jawa Tengah

    3. Utusan dari Kwarda-Kwarda HW di Seluruh Jawa Tengah, dengan @ Kwarda 30 orang (ditambah Unit Drumband kalau ada)

    4. Seluruh siswa, guru, karyawan, pegawai di AUMKab. Kudus

    5. Utusan perwakilan Pimpinan Ranting, Cabang dan Daerah untuk Muhammadiyah dan Ortomnya.

    6. Tamu Undangan Instansi-Instansi Pemerintah di Kudus.

Dalam rangka ikut memeriahkan Milad HW ke-90 ini, Kwarda HW Klaten akan mengirimkan 2 Unit Drumband yaitu Drumband dari PGT (Pasukan Genderang Terompet) Pandu Wreda dan Drumband Panser DKD HW Klaten. Utusan dari Kwarda HW Klaten ini berkumpul di Kantor HW Klaten (Kompleks Masjid Annur Sangkal Putung, Klaten) pada hari Ahad, 28 Desember 2008 jam 07.00 dengan berseragam HW Lengkap.


Setiap hari jam 13.00 di Kantor HW Klaten, anggota DKD HW Klaten latihan Drumband. Latihan ini sering dilaksanakan di Monumen Juang 45 Klaten, karena disamping lokasinya luas, juga tidak begitu mengganggu lingkungan sekitar. Tidak ketinggalan dengan yang muda-muda, eyang-eyang Pandu HW Wreda pun juga latihan. Semakin lama jumlah personal PGT (Pasukan Genderang Terompet) berkurang, disamping eyang-eyang ada yang sakit, juga telah banyak yang telah meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Namun dibalik itu semua sekarang masih ada sekitar 20 personal PGT, yang masih semangat-semangat untuk menampilkan PGT nya. PGT HW Klaten ini diketuai oleh H. Abdul Fatah (Ketua II Kwarda HW klaten) yang juga menjabat sebagai Kepala Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Klaten.

Dalam waktu yang sama pula, Anggota DKD HW Klaten juga direncanakan akan mengikuti beberapa event yang dilaksanakan di Kabupaten Klaten yaitu memeriahkan Marchingband HW Klaten dalam acara Wisuda TPA Annur Sangkal Putung Klaten dan kegiatan Kemah Saka Wira Kartika yang diadakan oleh Kodim 0723 Klaten di Kepurun, Manisrenggo, Klaten.


Marchingband HW Klaten terdiri dari 50 personal anggota DKD HW Klaten yang selain anggota Drumband Panser DKD HW Klaten yang berangkat ke Kudus. Mereka memeriahkan Pawai Taaruf sebelum wisuda berlangsung. Rute pawai tersebut dari Masjid Annur Sangkal Putung menuju ke MAN Klaten (tempat pelaksanaan Wisuda). Perlu diketahui Kepala TPA Annur ini adalah Ramanda Purwadi, S.Ag yang juga merupakan Pimpinan Kwarda HW Klaten sebagai Bendahara Umum.

Disamping personal dibagi untuk memeriahkan Wisuda TPA itu juga 24 anggota DKD dipilih untuk mengikuti Kemah yang diadakan Kodim Klaten. Dalam kemah ini Kodim menghadirkan bukan hanya dari Aktifis Kepanduan saja, namun juga Organisasi Kepemudaan/Karang Taruna juga diminta untuk mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri.

Namun manusia hanyalah berencana, Allah jua yang menentukan. Semua pasukan DKD HW Klaten diberangkatkan ke Kudus untuk mengikuti Milad. Sedangkan Drumband dalam rangka memeriahkan Wisuda TPA Annur digantikan Drumband Binaan Ramanda Nono dan Lina (Anggota PGT dan DKD HW Klaten) yaitu Drumband TPA Meger, Ceper, Klaten. Untuk Kemah Bakti di Kepurun di Alihkan kepada Pasukan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah Klaten (KOKAM).


Peserta Milad dari Klaten menuju kudus dengan 2 armada, yaitu sebuah Bus Besar kapasitas 60 orang dan sebuah truk. Dari target awal yang direncanakan yang akan ikut ke Kudus hanyalah 53 orang, namun pada kenyataannya yang berangkat adalah 80 orang, sehingga dari beberapa DKD Putra 15 orang harus ikut gabung ke Truk yang digunakan untuk mengankut alat-alat Drumband.


Ditengah perjalanan Para Peserta Milad dari Klaten beristirahat sejenak untuk melepas lelah. Ternyata tidak hanya yang naik truk yang mengalami kecapekan yang luar biasa karena jalan kurang menyenangkan, namun ternyata yang berada di Bus juga merasakan kegerahan. Mereka keluar dari armada dan menikmati udara yang begitu segar seakan mereka menghirup udara surga.


Inilah pose-pose keadaan anggota DKD yang telah melepas penat setelah beberapa jam di dalam armada merasakan seperti di dalam blender, karena jalan berlubang dan berliku-liku. Meskipun demikian mereka masih bisa tersenyum bahagia untuk mensukseskan acara Milad di Kudus tersebut.


Sampai juga peserta milad dari Klaten di Kota Kudus. Pendaftaran selesai dan mendapatkan tempat untuk transit di SD Muhammadiyah Kudus. Disana terbagi menjadi 3 ruang yaitu DKD Putri & Ibunda Kwarda, Ramanda Kwarda & PGT, dan DKD Putra. Setelah beberapa saat melepas lelah diruangan, para anggota DKD mengadakan koordinasi persiapan latihan sore itu ..

Kurang lebih 1 jam para anggota Drumband HW Klaten melaksanakan latihan sebagai gladi akhir sebelum pentas hari berikutnya. Malam hari dengan spontanitas DKD HW Klaten iktu meramaikan Panggung Hiburan Milad HW di Kudus tersebut dengan menampilkan sebuah drama yang bertemakan "Abdel dan Temon masuk HW". Itu lho kayak Film Bukan Superstar!!.


Pagi harinya Anggota DKD HW Klaten mengadakan Apel Pagi sebelum mereka berangkat ke GOR Kudus untuk melaksanakan Upacara Milad HW. Karena perjalanan ke GOR Kudus tersebut lumayan jauh jadi pasukan dai Klaten naik kembali ke kedua Armada mereka. Perjalanan berjalan dengan lancar dan semua Pasukan Drumband baik DKD maupun PGT Wreda mempersiapkan diri mereka.


Pasukan Genderang Terompet (PGT) HW Klaten dalam Milad ini mengusung sebuah semboyan yang tertuliskan dalam spanduk mereka yaitu : "Sungguh Berat Jadi Kader Muhammadiyah, Ragu dan Bimbang Lebih Baik Pulang". Hal ini dimaksudkan dan diperlihatkan kepada Khalayak Ramai, meskipun usia anggota Wreda HW Klaten yang tergabung dalam PGT ini sudah lanjut, namun semangat mereka dalam berdakwah melalui HW sebagi Ortom Muhammadiyah terus dan terus dijalankan. Sehingga semboyan itulah sebagai gambaran perjuangan beliau-beliau selama ini. Semangat!!


Drumband DKD HW Klaten dalam Milad ini mengusung sebuah semboyan yang tertuliskan dalam spanduk mereka yaitu : "Benih Bangsa Yang Tak Kunjung Layu", sebagai aplikasi tema pada Acara Milad HW Ke-90 ini. Inilah yang ditampilkan Klaten dengan mendatangkan 50 anggota DKD HW Klaten dengan penuh semangat 45.


DKD HW Klaten yang setiap saat bersemangat dalam segala aktifitasnya karena mereka telah mendapatkan pelajaran yang berharga dari pengorbanan dan kesungguhan para Eyang-Eyang Wreda dalam PGT ini. Meski usia lanjut beliau-beliau masih tetap mau tampil dan terus setia mendampingi setiap kegiatan DKD yang diadakan.


Disamping PGT dari Klaten yang terus memberikan semangat dan inspirasi bagi anggota DKD HW Klaten, juga mereka tambah semangat lagi setelah mereka melihat Pasukan Drumband dari Kwarda Solo yang anggotanya adalah Guru - Guru sekolah Muhammadiyah se Solo yang sebagian dari beliau-beliau usianya juga sudah lanjut.


Dalam Milad ini dimeriahkan banyak Pasukan Drumband baik dari tingkat SD sampai wreda-wreda. Mereka menampilkan display terbaik mereka baik dalam Lokasi Upacara Pembukaan maupun saat Pawai. Gambar di samping adalah Display dari SD Muhammadiyah Kudus yang telah beberapa kali mendapatkan kejuaaraan.


Disamping itu pula kegiatan ini juga dimeriahkan oleh ortom-orto yang lain. Salah satunya dalah Tapak Suci Pemuda Muhammadiyah. Mereka menampilkan pertunjukan mulai dari berkelompok sampai pertandingan satu lawan satu. Mereka juga memperagakan memecahkan Botol dan Batu Bata. Para peserta Milad HW tersebut bersorak melihat setiap atraksi-atraksi yang ditampilkannya.

Kegiatan Milad HW ke-90 di Kudus berjalan dengan lancar. Para Peserta Milad dari Klaten kembali ke Kota Klaten tercinta. Sampai juga pada pukul 18.30 WIB. Bagi yang rumah anggota jauh, diantarkan sampai rumah oleh Driver-driver DKD HW Klaten.

Terimakasih kepada :

  1. Ramanda/Ibunda Pimpinan Kwarda HW Klaten yang telah memfasilitasi segala sesuatu hingga berangkatlah segenap pasukan Drumband DKD HW Klaten dan PGT Kwarda HW Klaten.
  2. Ramanda/Ibunda PGT HW Klaten yang terus memotivasi anggota DKD untuk terus maju.
  3. Ramanda/Ibunda Kepala Sekolah se Kab. Klaten yang telah memberikan akomodasi sehingga Putra Putri yang tergabung dalam Pasukan Drumband HW Klaten dapat berangkat dan pentas secara maksimal.
  4. Panitia Milad HW di Kudus terus semangat
  5. Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu ...
Semoga Allah membalas semua kebaikan dan perjuangan kita semua. Amien ..






0 komentar:

Post a Comment