Tadzabur Alam SMK Muh 2 Klaten Utara


Tadzabur Alam

(PERPENTA)
SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara


Sabtu, 10 Januari 2008, SMK Muhammadiyah mengadakan Tadzabur Alam (TA) bagi anggota HW kelas 1 yang berjumlah 11 kelas (@ kelas kurang lebih 40 orang). Kegiatan ini diikuti oleh semua anggota kelas 1 hukumnya wajib. Kegiatan ini ditangani oleh Dewan Kerabat SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Pemimpin/Pembina SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, serta beberapa personal Kwarda HW Klaten dan Anggota DKD (Dewan Sugli) HW Klaten.

TA dimulai jam 07.00 WIB. Semua peserta TA berkumpul di lapangan untuk melaksanakan Apel Pembukaan. Karena Kepala Sekolah Ramanda Wakhid Lastiyono sedang dinas ke Salatiga, maka kegiatan tersebut dibuka oleh H. Mustajab (Pembina HW yang juga menjadi Pimpinan Kwarda HW Klaten).

Sementara itu DKD HW Klaten mengadakan koordinasi pembagian tugas yang dipimpin oleh Iwan. Koordinasi meliputi pembagian penjaga posko utama serta pembagian peta perjalanan. Kwarda dan DKD yang gabung dalam kegiatan ini diantaranya : Zie, Burhan, Uya, Iwan, Miftah, Sartono, Febri, Endri, Huda, Lina, dan Sholikhin.

Setelah Koordinasi Kwarda dan DKD selesai, Iwan melanjutkan berkoordinasi dengan Anggota Dewan Kerabat SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Meliputi pembagian petugas pos, pembagian peta perjalanan dan pembagian soal-soal tugas di masing-masing pos serta checking akhir konsumsi peserta.

Apel pembukaan selesai, dilanjutkan dengan pemberangkatan yang dipimpin oleh Zie dan Huda. Semua peserta dengan posisi duduk mendengarkan setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh Zie dan Huda sehingga bagi yang telah menjawab dulu, kawan mereka berangkat terlebih dahulu.

Peserta TA yang sudah berangkat ,dibagikan selembar kertas soal yang harus mereka kerjakan di perjalanan serta sebungkus paket snack untuk perbekalan mereka. Tugas yang mereka kerjakan itu harus mereka kumpulkan di pos selanjutnya. itulah sistem pemberian soal sampai pos terakhir.

Pos 1 dikoordinatori oleh Miftah dan Iwan dengan 3 orang Dewan Kerabat. Di Pos 1 ini para peserta mendapatkan pengarahan tentang cara lapor di pos dengan benar. Di Pos ini mereka mengumpulkan jawaban yang telah mereka kerjakan dari Pos Start dan mendapatkan soal baru yang harus mereka kerjakan di perjalanan selanjutnya.

Disetiap jalan raya yang akan dilintasi peserta TA, disitu pula ada petugas pengatur lalu lintas dari DKD agar perjalanan TA lancar. Dengan tertib para peserta melintas jalan raya tersebut untuk menuju di Pos 2. Terlihat seorang anggota DKD (Kaos Orange) mempersilahkan para Peserta TA untuk menyeberang.

Di Pos 2 adalah halang rintang yaitu para peserta harus meniti sebuah tali yang melintas di atas sungai. Kedalaman sungai itu kurang lebih 50 cm. Di Pos ini dipandu oleh Burhan, Uya dan Sartono dengan dibantu beberapa dari DK. Peserta yang baru datang dari pos 1 melapor dengan penjaga Pos 2 sekaligus mengumpulkan tugas yang telah mereka kerjakan dalam perjalanan.

Tidak semua peserta dapat meniti tali tersebut dengan selamat sampai seberang. Ada beberapa peserta yang terjatuh ke air karena kurangnya keseimbangan. Karena terjatuh ke air, baju mereka secara otomatis basah semua dech.. Namun meskipun basah mereka malah ketawa terbahak-bahak kegelian.

Meskipun demikian, setiap peserta yang wajib untuk meniti tali tersebut banyak diantaranya juga banyak yang lolos dalam melewati halang rintang tersebut dengan tenang, tanpa mereka harus bermandi-mandi ria di Sungai itu. Lihat gambar di samping mereka dengan tenang menyelesaikan tugas tersebut.

Setelah melewati pos 2 halang rintang para peserta menuju ke pos 3 yaitu pos PBB. Di Pos 3 dipandu oleh Endri dan Febri. Disana setiap kawan praktek PBB dan Petugas pos menilai PBB mereka. Di Pos 3 ini sudah waktu Dzuhur tiba sehingga para petugas pos menginstruksikan kepada para peserta dan panitia yang lain untuk melaksanakan di masjid didekat Pos 3 tersebut.

Pos PBB telah dilalui peserta sehingga mereka melanjutkan di Pos 4 yakni pos outbound. Pos ini terletak di Lapangan SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Disana dipandu oleh Lina dan Sholikhin serta dibantu oleh beberapa DK Sekolah. Outbound ini dilaksanakan sebagai ice breaker serta pelepas lelah setelah mereka menempuh perjalanan jauh.

Pos 4 telah dilaksanakan dan mereka menuju ke Pos Finish yakni SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Di Pos Finish para peserta dihadang oleh para Dewan Kerabat untuk membagikan makan siang. Setiap peserta yang tiba segera beristirahat dan menikmati makan siang dilanjutkan dengan apel penutupan.

Kegiatan berjalan dengan lancar ...
Cu ...


Dokumentasi yang laen :


DKD HW Klaten


Dewan Kerabat SMK Muh 2 Klaten Utara


Peserta TA yang telah sampai di Sekolahan


Pembina HW SMK Muh 2 Klaten Utara


Zie dan Iwan


Sartono _ Alumni SMK Muh 2 Klaten UTara


Peserta Tadzabur Alam SMK Muh 2 Klaten Utara


4 komentar:

Post a Comment