Ujian Kenaikan Tingkat DKD


Ujian Kenaikan Tingkat
DKD I dan II

Angkatan 7 dan 8



Kwarda HW Klaten mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat DKD I dan DKD II kepada semua anggota DKD HW Klaten angkatan 7 dan 8 pada Hari Ahad - Senin, 25 - 26 Januari 2008 Jam 13.30 - selesai Kegiatan ini Start di Kantor HW Klaten dan Finish di STAIM Klaten. Kegiatan ini menggunakan sistem Survival (Bertahan Hidup di Alam Bebas) dengan melewati 7 pos (rencana) yaitu Pos Start, Pos 1, 2, 3, 3, 4, 5, 6 dan Pos Finish. Di masing-masing pos itulah setiap peserta akan melaksanakan ujian-ujian, baik ujian secara test tertulis maupun praktek. Namun pada prakteknya kegiatan itu hanya dapat melewati Pos Star, 1, 2, 3, dan Finish. 4, 5, 6 yang direncanakan sebagai pos : Ujian Lagu - lagu HW, PBB dan Outbound tidak dapat dilaksanakan karena waktu yang tidak memungkinkan. Ketiga pos tersebut akan diganti pelaksanaannya seminggu setelah kegiatan ini berakhir.

Berdasarkan Hasil Rapat Kwarda dan DKD Angkatan 1 - 6 maka terbentuklah Kepanitiaan, yaitu sebagai berikut :

Tim Penguji :
  1. Giyono
  2. Muhammad Dzikron
  3. Burhanudin
  4. JT. Surya
  5. Miftahurrozaq
  6. Iwan Satriana
Ketua : Miftahul Huda
Wakil Ketua : Sartono

Sekretaris : Febri Kusnadi

Bendahara : Roufiqoh Nur Syafi'an
Wakil Bendahara : Dinar Septerina

Sebelum diadakan UKT tersebut, diadakanlah Gladi Akhir pada hari Ahad, 18 Januari 2008 yang semula direncanakan jam 08.30 menjadi 11.00 WIB setelah Pentas Gebyar Muharram 1430 H (Pawai dari GOR Klaten sampai dengan Depan Masjid Raya Klaten dengan menampilkan Drumband DKD) yang diadakan oleh Depag Klaten. Dalam Acara Gladi Akhir itu dibagikanlah berkas-berkas yang diperlukan segala sesuatunya dalam melaksanakan UKT tersebut. Diantaranya Undangan UKT, Blangko Biodata, Blangko Pendaftaran mengikuti UKT, Surat Ijin Orang Tua dan Contoh Format Laporan Perjalanan.

Kisi - kisi Materi Ujian Kenaikan Tingkat :

Pos Start
  • Daftar Ulang dan Checking Peserta
  • Checking Perlengkapan
  • Upacara Pembukaan dan Pelepasan
  • Pembagian Sandi Pos - Pos
Pos I
Al Islam dan Kepanduan
  • Praktek Tayamum dan Wudhu
  • Praktek Sholat Fardhu
  • Praktek Sholat Jenazah
  • Menerangkan Rukun Islam dan Rukun Iman
Pos II
Kepanduan
  • Soal Sejarah dan Perkembangannya dalam bentuk Bahasa Isyarat (Sandi)
  • Tali Temali dan Aplikasinya
  • Menaksir Lebar Sungai, Tinggi Pohon, dan Kedalaman Sungai
  • Praktek PBB
  • Materi Pertolongan Pertama
Pos III
Halang Rintang
  • Meniti tali tambang yang dibentangkan di atas sungai
  • Menyusuri Sungai, Lembah, Bukit, Pematangan Sawah, dll
Pos IV
Umum
  • Soal - soal Pengetahuan Umum dalam bentuk sandi
Pos V
Outbound
  • Pentingnya Kerjasama Team
  • Pentingnya Hidup Gotong Royong
  • Pentingnya Komunikasi Antar Sesama
Pos Finish
  • Checking Akhir Peserta
  • Pembagian Nilai Ujian
  • Pelantikan
  • Upacara Penutupan
  • Sayonara
Perbekalan Yang Wajib di Bawa :
  1. Seragam HW Lengkap (Putra : Sepatu PDL dan Baret, Putri : Sepatu PDH)
  2. Pakaian Pribadi (Jaket, Baju Ganti, Selimut, Kaos Tangan jika ada, Slayer, dll)
  3. Kaos HW /Kaos Olahraga Sekolah
  4. Alat Tulis dan Al Qur'an
  5. Alat Masak dan Alat Makan : Piring Plastik (1), Sendok (1), Gelas Plastik (1), Nasting/Rantang (1), Lilin (5), Korek Api (1), Spiritus (1), Kaleng Susu (1), Pisau Stainless (1), Garam secukupnya.
  6. Makanan : Instant/Mie Instant ( 3 bungkus), Roti @ Rp. 500 (2), Susu Sachet Coklat (2)
  7. Perlengkapan Pribadi (Mandi, Ibadah dan Obat Pribadi Jika sakit)
  8. Tongkat Pandu HW bercat ciri khas Hijau dan Kuning (1) dan Tali Pandu (2)
  9. Mantel/Ponco (Minim 1) dan Cemiti (1 set)
  10. Senter/Sentoro/Penerang (1)
  11. Tas Ransel dan Plastik Besar
  12. Kertas Koran (1 bendel)
Pelaksanaan :

Peserta dikumpulkan di Halaman di Dekat Kantor HW Klaten untuk checking perlengkapan. Satu per satu perlengkapan di check sehingga bagi yang tidak membawa perlengkapan yang telah ditentukan panitia, mereka mendapatkan konsekwensinya. Kemudian diajarkan lagu - lagu untuk mereka nyanyikan dalam perjalanan.

Teks Lagunya sebagai Berikut :

Lagu UKT DKD HW

Saya tunggu engkau 2x rupanya engkau forget to me 2x
Badan sakit sakit sakit sampai masuk rumah sakit
rupanya engkau forget to me

Rambate rata hayo tarik tambang (Regedek)
Disini aku jadi tambanh senang (Rai Gedek)
Andaikan aku burung, aku akan terbang
Sebentar lagi aku Lulus UKT

Bangun pagi - pagi menuju tempat latihan,
Untuk mengikuti UKT DKD HW
Tak tahan rasanya ingin segera pulang UKT nya belum usai

Mau makan jalan jongkok, habis makan lompat kodok
dicaci maki dan dibentak - bentak
Duhai pelatihku betapa kejam sekali
Duhai seniorku betapa jeli matamu

Dengar keluhanku apakah kau tak tahu
Ku cinta padamu ..
Ku sayang padamu
Ku Bilang I Love You ..

untuk mendengarkan sekaligus melihat video klip lagu KLIK DISINI

Adzan ashar berkumandang, kegiatan break untuk melaksanakan Sholat Ashar berjamaah di Masjid Annur Sangkal Putung. Namun setelah sholat selesai cuaca berubah total menjadi hujan yang sangat lebat. Namun kegiatan tetap dilaksanakan. Apel Pembukaan dibuka oleh Ramanda H. Sukasno di depan masjid Annur. Salah satu petikan pidatonya adalah : "Rakyat Palestina dengan dihujani bom dan martil, mereka dengan penuh kesadaran dan kesabaran tetap berusaha untuk tetap hidup menjalani Ujian dari Allah. Kita dengan dihujani air yang penuh berkah ini haruslah tidak menyurutkan niat kita untuk tetap melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat DKD HW Klaten ... "

Para peserta dengan menggunakan mantel yang telah dipersiapkan mereka berpamitan dan melanjutkan perjalanan ke tempat - tempat yang sudah di tentukan oleh panitia untuk mengambil Sandi - Sandi yeng berisi alamat yang harus mereka tuju. Ada yang ditempatkan di Polsek Ketandan, Toko Muslim Sahara, WR. Soto Widodo, Pos Polisi Terminal Klaten, Zebra Net Gergunung, maupun di sekolah - sekolah Muhammadiyah. Sandi tersebut berisi perintah untuk mereka tuju yaitu di SMP Muhammadiyah 5 Ngupit, Ngawen, Klaten.

Para peserta berjalan menuju ke SMP Muh 5 Ngupit dengan jalan berjalan kaki. Sedangkan panitia sebagian banyak sudak sampai di lokasi Pos 1 untuk mempersiapkan Ujian Wudlu, Sholat dan Tayamum. Panitia dengan jumlah 25 dibagi untuk menjadi 8 Kelompok sesuai jumlah kelompok peserta UKT DKD HW Klaten.

Jam 17.00 WIB kelompok yang dipimpin oleh Heka dari SMK Muhammadiyah Jatinom sampai pertama kali. Suasana hujan sudah agak reda sehingga dengan kompak mereka tidak memakai mantel lagi. Mereka disambut oleh Koordinator Pos 2 yaitu Sholikin Dalil dibantu panitia yang lain. Kemudian mereka diinstruksikan untuk memasak.

Dengan peralatan yang sangat sederhana mereka harus memasak untuk mengisi perut mereka. Apalagi suasana yang sangat dingin lebih membuat perut mereka cepat lapar. Mereka memasak mie instant yang lebih cepat dan praktisnya. Masakan mereka dengan berjuta rasa dilidah.

Setelah sholat Maghrib dan Isya' dilaksanakan, mereka memasuki Ujian yaitu Praktek Wudhu, Praktek Tayamum, dan Praktek Sholat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Attaawun Ngawen, Klaten. UKT berakhir sampai pada jam 21.00 WIB dan melanjutkan perjalanan ke SMP Muh 2 Jatinom (Pos 2).

Sampai ke SMP Muh 2 Jatinom jam 23.00 WIB. Sampai disana mereka beristirahat sambil mengerjakan soal tertulis dalam bentuk sandi. Mereka tidur sampai pukul 02.00 WIB. Jam 02.00 mereka dibangunkan untuk mengambil Badge di Plampeyan (Area Sebar Apem Jatinom) secara sendiri - sendiri. Untuk DKD 1 mengambil di dekat pendopo yang Badge tersebut disebar. Dengan kondisi yang sangat gelap mereka harus mencari badge tersebut. Sedangkan DKD 2 harus mengambil di Bawah tempat penyebaran Apem Jatinom dengan melaksanakan Sholat Jenazah terlebih dahulu, baru mereka mengambil badge yang diletakkan di dalam tubuh jenazah (Jenazah adalah boneka yang pocong dengan tenda warna putih yang sangat mirip dengan pocong sungguhan). Tidak semua anggota dapat menyelesaikan tugas tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan sholat malam dan sholat subuh. Setelah mereka berkoordinasi dengan panitia mereka melaksanakan Masak, Makan dan Mandi. Jam 08.00 mereka melanjutkan perjalanan ke Pos 3 yaitu Pos Halang Rintang.

Di Pos 3 ini mereka harus melewati tali yang terbentang di atas sungai dengan kedalaman 0,5 meter. Tidak semua dapat menyelesaikan di pos ini, sehingga ada beberapa dari peserta yang tercebur di sungai yang akhirnya basah deh .. Karena waktu yang sudah menunjukkan waktu Dzuhur mereka langsung menuju pos finish.

Sampai di STAIM Klaten jam 13.00 WIB dilanjutkan Sholat dan Makan. Mereka berkumpul kembali di depan kantor HW Klaten dan melaksanakan penutupan. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar.



1 komentar:

Post a Comment