SMP Muh 7 Bayat


UKT DEWAN PENGENAL

QOBILAH SMP MUHAMMADIYAH 7 BAYAT


Tanggal 14 - 15 Februari 2008 SMP Muhammadiyah 7 Bayat Klaten mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat Dewan Pengenal. Peserta yang mengikuti peserta Diklat Pilihan yang telah mengikuti 2 kali Diklat Dasar. Kegiatan di mulai setelah Latihan rutin berakhir, yaitu jam 16.00 WIB.

Pembukaan selesai dilanjutkan dengan outbound dan dinamika kelompok. Nampak gambar di atas adalah evaluasi outbound2 yang telah mereka laksanakan. Kegiatan berakhir dilanjutkan dengan urus diri (makan, mandi, dll). Adzan magrib dikumandangkan dan segera mereka melaksankan sholat berjamaah di Masjid SMP Muhammadiyah 7 Bayat.

Sholat berjamaah selesai dan dilanjutkan dengan tadarus Al Qur'an. Tadarus kali ini adalah belajar hafalan yang dilaksanakan secara bersama-sama yaitu sebagai persiapan salah satu materi ujian kenaikan tingkat yaitu hafalan Q.S. Ali Imron ayat 104 dan Q.S. Al Baqarah ayat 148.

Inilah suasana ujian hafalan ayat-ayat Al Qur'an. Satu persatu para peserta mengujikan dirinya ke hadapan penguji. Dari semua jumlah peserta yang hafalan ini ada beberapa saja yang belum hafal lancar, sehingga mereka diberikan kesempatan untuk menghafalkan kembali esok paginya. Yeah gak papa cuman 3 orang kug.

Setelah sholat isya, disela - sela ujian masih juga ada penambahan materi yaitu Perawatan Jenazah disampaikan oleh Ramanda Aziz (Guru SMK Muhammadiyah 1 Klaten yang juga berdomisili di Bayat). Dengan audio video yang ditampilkan melalui LCD diharapkan ada gambaran dipikiran peserta sebelum melaksanakan praktek langsung.

Kegiatan dilanjutkan dengan Ujian Wudhu, Tayamum dan Sholat. Dilaksanakan di dalam masjid. Para peserta praktek satu per satu. Ujian dilanjutkan pada materi kepanduan dalambentuk soal2 yang ditulis dengan sandi-sandi semuanya. Setelah semua selesai memasukilah jadwal istirahat. Peserta dan panitia beristirahat hingga waktu lail tiba. Sholat berjamaah di laksanakan dan dilanjutkan kultum oleh Ramanda Haryono.

Apel pagi dilaksanakan sebagi persiapan kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan. Dipimpin oleh Asep (Dewan Pengenal yang telah kelas III). Beberapa isi apel yang disampaikan adalah : Ikut serta ahad pagi, sarapan dan kegiatan bakti sosial.

Gambar di samping di ambil dari gedung atas SMP Muhammadiyah 7 Bayat yaitu Suasana sarapan peserta di tengah halaman SMP Muhammadiyah 7 Bayat. Dengan nasi bungkus yang telah dipesankan panitia, bersama sama menikmati walaupun dengan seadanya.

Setelah sarapan selesai, mereka bersama - sama berangkat menuju ke masjid yang sedang melaksanakan kegiatan ahad pagi. Kegiatan ahad pagi tersebut rutin dilakanakan dikoordinir oleh PCM Bayat klaten. Di wilayah masjid itu akan segera dibangun PKU Muhammadiyah Bayat.

Pengajian Ahad Pagi selesai dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Sosial, yaitu sebagai Aplikasi UU Pandu HW No 2 dan 7. Peserta dibagi menjadi 2 team yang diakan dibagai dalam 2 tempat. Tempat 1 adalah Masjid di Daerah Bantengan, Bayat, Klaten.

Tempat 2 adalah tempat dimana para peserta melaksanaksanakan pengajian ahad pagi. Tidak hanya peserta saja yang membersihkan lokasi masjid tersebut, melainkan juga anggota DKD HW Klaten dan Pembina2 HW juga ikut terlibat secara langsung di lapangan.


Beberapa Dokumentasi Kegiatan saat Bakti Sosial :

Team 1 di Ketuai oleh Bowo. Sesampai di Tempat 1 pembagian kerja pun dilaksanakan. Ada yang membersihkan kaca, kamar mandi, pel lantai, dan lain sebagainya. Nampak dua orang peserta sedang merapikan buku-buku iqra', Al Qur'an, dan buku-buku laen yang di pack dalam kardus.

Sang Ketua dan kedua peserta lain sedang asyik membersihkan tempat wudhu yang berlumut. Dengan perlahan - lahan namun pasti mereka melaksanakannya dengan senang dan serius. Disikat dan digosok dengan sabit, akhirnya lumut-lumut dapat diberantas juga oleh ketiga peserta putra tersebut.

Selain itu beberapa teman yang lain melakukan aktifitas yang lein. Diantaranya ada yang menyapu lantai sebelum di pel, ada yang membersihkan debu-debu yang tertempel di pintu maupu jendela, ada yang membersihkan kaca, dan ada juga yang sibuk mencari peralatan yang masih kurang.

Dilain tempat yakni di tempat kedua terlihat DKD, Pembina dan peserta asyik membersihkan sekitar masjid yang penuh dengan rumput-rumput liar. Alhamdulillah sekarang masjid tersebut lebih indah dan bersih dari rumput-rumput yang mengganggu pemandangan mata. Kalau gak percaya boleh di check kug.

Selesai membersihkan lokasi masjid, didekat lokasi kedua ternyata ada orang yang baik hati, menawarkan kelapa muda. Yeah dengan senang hati ada seorang peserta mau untuk memetik kelapa tersebut. Meski badan kecil, tapi kemampuan OK lho, lihat saja gambar di samping trus di zoom, disana ada Achmad yang sedang asyik memeluk pohon kelapa. He22, eitz tapi sayang dari 5 yang dipetik yang dua belum ada isinya. Tapi gak papa dech yang penting kan ada 3 yang bisa dinikmati.

Bakti sosial berakhir pada jam 10.30 WIB. Mereka kembali ke sekolahan. Sesampai di sekolahan mereka melanjutkan dengan masak dan makan bersama. Dengan menu yang seadanya terlihat begitu kompak dan menyenangkan. (Kayaknya sudah benar2 lapar yeah).

Pukul 11.00 WIB evaluasi, pesan dan kesan dilaksanakan. Secara diam-diam ternyata pihak panitia menilai dari semua aktifitas yang dilaksanakan peserta, sebagai bahan pertimbangan untuk kelulusan mereka. Pengumuman dan Pelantikan dilaksanakan pertemuan mendatang saat latihan rutin. kegiatan berakhir dengan diadakannya apel penutupan.




0 komentar:

Post a Comment