Diklat DKD HW Klaten di Kalikuning

Perjalanan Balerante - Kaliadem

Rabu - Kamis, 17 - 18 Juni 2009 Kwarda HW Klaten mengadakan Diklat kepada anggota DKD HW Klaten dari Klaten menuju kalikuning. Perjalanan dengan armada truk berhenti di Balerante dilanjutkan jalan kaki menuju Kaliadem, Bebeng, dilanjutkan di kalikuning. kegiatan ini diikuti oleh 60 personal. Dengan semangat dan penuh kerjasama perjalanan dapat ditempuh dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti.

Suasana yang sangat mengahrukan dikala check barang - barang menuju perjalanan panjang. Dengan teliti barang dicheck satu per satu agar perjalanan dapat teratasi dengan segala fasilitas barang pribadinya masing - masing. DKD Senior dengan cermat mengawasi para peserta dan meneropong medan yang akan dilalui.

Perjalanan berlangsung 8 jam, menyusuri perbukitan dan terjalnya medan tetap dilalui menuju finish yang telah ditentukan. Semua peserta akhirnya dapat menyelesaikan tugas di setiap pos-pos oleh DKD Senior. Sesampai di Kalikuning para peserta mempersiapkan diri untuk melaksanakan Sholat Jamak Qashar Dzuhur dan Ashar. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan agenda kegiatan di Kalikuning tersebut. Setelah beberapa saat, peserta mempersiapkan makan masing-masing dengan perlengkapan seadanya, dan panitia juga mempersiapkan makan dan sebagian mendirikan tenda utama. Setelah peserta selesai masak, mereka mendirikan bivak sebagai tempat perlindungan mereka dimalam hari.

Adzan maghrib dikumandangkan tanda sholat maghrib tiba, para peserta menuju ke sungai yang ada didekat bivak mereka. Dengan berjamaah dilapangan utama yang di Imami oleh Ramanda Drs. Suparlan dilanjutkan dengan kultum singkat. Setelah peserta selesai tadarus, dilanjutkan dengan materi-materi, yaitu : Al Islam dan Kemuhammadiyahan oleh Ramanda H. Sukasno, Tehnik-tehnik Kepanduan dan Hidup di Alam Terbuka oleh Ramanda Giyono.

Jam 23.00 peserta menuju bivaknya masing-masing untuk istirahat. Jam 02.00 peserta dibangunkan kembali untuk melaksanakan solo camp hingga waktu sholat tahajud dan subuh jamaah. Pagi hari para peserta melaksanakan senam pagi dan dilanjutkan MCK. Jam 08.00 kegiatan adalah RC dikahiri jam 12.00 WIB. Jam 13.00 - 15.00 diadakan evaluasi dan follow up. jam 15.00 para peserta kembali di Kantor HW Klaten Sangkal Putung, Bareng Lor, Klaten Utara. Kegiatan berjalan dengan sukses dan saatnya mereka mempersiapkan Perkemahan Ceria Athfal IV.

Dokumentasi yang lainnya :

Suasana Motivasi Diri Oleh Ramanda H. Sukasno


Suasana Sholat malam di Kalikuning
sambil menikmati dinginnya malam itu




1 komentar:

Post a Comment