Selamat Jalan Ramanda H. Djaelani Haqiqi, SH

Innalillahi wa inna illahi rajiun … Air mata ingin rasanya tumpah  dengan berbesar hati melepas kepulangan Ramanda H. Djaelani Haqiqi, SH ke pangkuan ALLAH sang pemilik napas, dan nyawa [Senin, 16 November 2009] di RSI Klaten karena sakit.




Ramanda H. Djaelani Haqiqi adalah sesosok bapak yang patut di tauladani. Selama Hampir 4 tahun mendampingi putra DKD HW Klaten di Masjid Al Mukminun Margomulyo, Gergunung, Klaten Utara yang digunakan sebagai Base Camp Kegiatan HW diwaktu itu [2003 - 2006]. Setiap saat yang tak pernah lelah memberikan ilmu dan tauladannya kepada kami, alhamdulillah karena beliau juga sampai pada detik ini kami masih diberikan persatuan yang kokoh dalam meneruskan perjuangan beliau.

Beliau sangat aktif sekali di masyarakat dalam rangka menegakkan agama Allah yakni ISLAM. berkat rintisannya dibangunlah sebuah Masjid AlMukminun di Margomulyo, Gergunung, Klaten Utara yang menjadi Center Pengajian Masyarakat setempat. Beliau adalah Mantan Ka Sub Bag TU Departemen Agama Klaten serta 2 tahun terakhir menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh Pimpinan daerah Muhammadiyah Klaten yang notabenenya adalah dalam rangka menegakkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Sehingga kami berhuznudzon sekali, beliau pulang ke Pangkuan Allah dengan Khusnul Khotimah. Amien.

"Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.” (HR. Muslim 2/663)


Ya Allah! Ampunilah kepada orang yang hidup di antara kami dan yang mati, orang yang hadir di antara kami dan yang tidak hadir ,laki-laki maupun perempuan. Ya Allah! Orang yang Engkau hidupkan di antara kami, hidupkan dengan memegang ajaran Islam, dan orang yang Engkau matikan di antara kami, maka matikan dengan memegang keimanan. Ya Allah! Jangan menghalangi kami untuk tidak memperoleh pahalanya dan jangan sesatkan kami sepeninggalnya.” ( HR. Ibnu Majah 1/480, Ahmad 2/368, dan lihat Shahih Ibnu Majah 1/251)


Ya, Allah! Sesungguhnya Ramanda H. Djaelani Haqiqi dalam tanggunganMu dan tali perlindunganMu. Peliharalah dia dari fitnah kubur dan siksa Neraka. Engkau adalah Maha Setia dan Maha Benar. Ampunilah dan belas kasihanilah dia. Sesungguhnya Engkau, Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Penyayang.” (HR. Ibnu Majah. Lihat Shahih Ibnu Majah 1/251 dan Abu Dawud 3/21)


"Ya, Allah, ini hambaMu, anak ham-baMu laki - laki (Adam), membutuh-kan rahmatMu, sedang Engkau tidak membutuhkan untuk menyiksanya, jika ia berbuat baik tambahkanlah dalam amalan baiknya, dan jika dia orang yang salah, lewatkanlah dari kesalahan-nya. (HR. Al-Hakim. Menurut pendapatnya: Hadits ter-sebut adalah shahih. Adz-Dzahabi menyetujuinya 1/359, dan lihat Ahkamul Jana’iz oleh Al-Albani, halaman 125)


0 komentar:

Post a Comment