Seleksi Peserta Jamnas HW 2010 Tahap 1

Seleksi peserta Jambore Nasional Hizbul Wathan 2010 adalah satu tugas yang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beban moral dan tanggungjawab yang besar dalam pemilihan ini. Utusan dari masing - masing qobilah penuh dengan semangat untuk pengiriman seleksi. Kwarda HW Klaten dengan berbagai upaya untuk mewujudkannya dengan mengadakan seleksi peserta tahap 1. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari 1 malam di SMK Muhammadiyah 1 Klaten.



Pada awalnya 20-21 Februari 2010 adalah final dari seleksi tersebut. Namun melihat kondisi peserta yang masih blank sebagian besar tentang ketrampilan kepanduan, keagamaan dan mentallitas, maka perlu diadakannya sebuah pembinaan terlebih dahulu. maka diputuskan agenda pembinaan sebelum seleksi akhir berlangsung. Agenda Kwarda HW Klaten dalam Pembinaan Calon Peserta Jamnas, Pasukan Drumband, dan Anggota Dewan Sughli dilaksanakan 4 kali pertemuan. Mengenai info jadwa bisa hubungi sekretariatan (0272) 3144000, 085725588696.

Daftar Ulang Pembinaan Tahap 1 dilanjutkan dengan Apel Pembukaan dan dinamika kelompok di Lapangan SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari SD, SMP, SMA Muhammadiyah usia Pengenal dengan total jumlah 85 peserta. Kelompok kelompok terbentuk dilanjutkan dengan outbound pembuka sebagai Awal Motivasi Penyemangat Kegiatan selanjutnya. Kegiatan dipandu Zie 'n Tewe. Kegiatan berakhir pukul 17.00 dilanjutkan urus diri. Setelah SMS (Sholat Maghrib, Makan, Sholat Isya maksudnya) dilanjutkan dengan pembinaan Ibadah Praktis oleh Ramanda Sukasno. Kemudian dilanjutkan oleh Ramanda Giyono Sejarah Kepanduan Dunia dan Hizbul Wathan. Setelah 1 Jam bercerita ramanda Giyono memberikan ice breaker dengan nyanyian Gombaya Viesta. Diakhir acara diisi Lagu - Lagu dan Permainan oleh Zie hingga pukul 22.00 WIB.

Pukul 03.00 semua Panitia dan Peserta melaksanakan Sholat Lail dilanjutkan pembinaan Ibadah Praktis hingga subuh. Setelah subuh Praktek Ibadah Praktis dan hafalan - hafalan dilanjutkan dengan PBB di lapangan. Pukul 07.00 urus diri hingga 07.30 dilanjutkan dengan sarapan. Pukul 08.00 Peserta melanjutkan materi Pidato, Kultum, Tehnik Ketrampilan Kepanduan dan Lagu - Lagu hingga pukul 10.30. Kegiatan diakhiri dengan Evaluasi dan ditutup oleh Ramanda Purwadi, S.Ag.


0 komentar:

Post a Comment