Tadzabur Alam SMK Muh 1 Klaten Utara

Selasa - Kamis, 4 - 6 Mei 2010 SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara menutup acara KBM dengan perkemahan Tadzabur Alam di Sinolewah, Sleman, Yogyakarta khusus kelas 1 dengan panitia Dewan Kerabat beberapa dari kelas 2, Pembina HW serta 15 Dewan Sughli HW Klaten. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahuan yang dilakukan sebagai penutup KBM disekolahan sekaligus pendidikan mental dan agama bagi kelas 1 sebagai pembekalan mereka akan naik ke kelas 2.


Kegiatan ini di design dalam kegiatan Full Outbound dan Pendidikan Mental Serta Agama. Ketua Team Pelaksana Kegiatan adalah Drs. Suparlan yang merupakan Ketua 2 Kwarda HW Klaten, Ketua Pelaksana Lapangan adalah Fajar Suryo yang merupakan anggota Dewan Sughli HW Klaten, Serta Koordinator Utama Dewan Sughli HW Klaten adalah Sholikin Dalil yang merupakan Alumni dari SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Dewan Sughli HW Klaten yang terlibat dalam Kegiatan ini adalah : Sholikin Dalil, JT. SUrya, Sartono, Haryono, Nur Cahya Utama, Fajar Suryo, Sedep, Asep, Maret, Tri Muninggar, Aris, Abdul, Tri Yuliyanto dan Farikhah. Sedang perwakilan dari Kwarda HW Klaten adalah Muhammad Dzikron. Beberapa dari panitia sudah berada di lokasi untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak hari senin, 3 Mei 2010. Diantaranya cecking lokasi, mempersiapkan denah lokasi pertendaan perkemahan dan rute tadzabur alam disekitar kawasan Bebeng dan Mbah Marijan serta skets full lokasi outbound.

Kamis pagi, para panitia checking kembali lokasi denah pertendaan, kebersihan tempat, latihan upacara pembukaan, serta yang lain mempersiapkan sarapan. Jam 09.00 WIB para peserta Perkemahan Tadzabur Alam tiba dilokasi sejumlah 9 truk yang membawa 400 an siswa/siswi SMK Muhammadiyah 1 Klaten utara. Setiba dilokasi ketua kawan registrasi, pengambilan no tenda, dan dilanjutkan pendirian tenda. Saat pendirian tenda berlangsung, ketua kawan dikumpulkan oleh Fajar Suryo untuk membahas kontrak tata tertib kegiatan perkemahan dibantu beberapa anggota Dewan Sughli lainnya. Penatan lokasi tenda selama 1 jam berlangsung. Pukul 10.00 WIB para peserta dikumpulkan untuk melaksanakan kegiatan Outbound pembuka hingga pukul 12.00. Kegiatan Sholat berjamaah berlangsung di Lapangan Utama. Hingga jam 13.00 para peserta dan panitia istirahat dan makan kemudian dilanjutkan dengan permainan outbound yang lain hingga jam 15.00 WIB.

Upacara pembukaan dipimpin oleh Haryono sebagai Ketua Umum Dewan Sughli HW Klaten yeng berstatus juga sebagai Siswa SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara yang baru saja menerima kelulusan. Upacara berlangsung dan dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Drs. Rasija dimeriahkan dengan dilanjutkan dengan outbound yang dipandu oleh Nur Cahya Utama. Kegiatan Outbound ini berlangsung hingga pukul 16.45 WIB dilanjutkan dengan MCK masing - masing. Adzan Sholat Maghrib dikumandangkan dan semua beranjak dari kegiatannya untuk melaksanakan sholat berjamaah di Lapangan Utama. Sholat Maghrib, Kultum, Tadzarus, Shola Isya dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan sore. Pukul 20.00 dimulai kegiatan kembali dengan kreatifitas pembuatan hasta karya di tenda masing - masing hingga pukul 22.00 WIB. Jam malam diberlakukan semua aktifitas dihentikan untuk istirahat. Pukul 01.00 WIB semua peserta tenda 1 - 20 dibangunkan untuk survival dengan menuju lokasi tertentu dan mereka membuat bivak disana hingga subuh. Sedang peserta tenda 21 - 41 pukul 03.00 WIB melaksanakan Sholat Lail di Lapangan Utama.

Sholat subuh selesai dan dilanjutkan dengan kegiatan Olahraga dipandu oleh Pak Hasyim dan putrinya "Diksi" hingga pukul 06.30 WIB. Kemudian para peserta MCK sebagai persiapan mereka untuk kegiatan jelajah dan tadzabur Alam di lokasi sekitar Kaliadem, Bebeng. Pukul 08.00 WIB sudah siap dilapangan utama untuk pemberangkatan dipandu oleh Muhammad Dzikron, JT Surya serta anggota Dewan Sughli lainnya. Dalam perjalanan ini para peserta melewati 4 pos utama. Pos I dengan materi Kepanduan dengan soal - soal yang dikoordinatori oleh Asep. Pos 2 dengan materi lagu - lagu perjuangan HW yang dikoordinatori oleh Maret. Pos 3 Adalah Pos Halang Rintang yang dikoordinator oleh Nur Cahya Utama adalah kegiatan pembuka sebelum mereka menikmati pemandangan di bebeng dengan wisata lumpurnya. Pos 4 dengan materi Flying Fox dikoordinatori oleh JT. Surya. kegiatan berlangsung hingga pukul 16.30 WIB.

Kegiatan malam hari yang merupakan malam terakhir adalah Kegiatan Api Unggun, dimana setiap kawan wajib mengeluarkan kreatifitas kelompoknya dengan menampilkan unjuk seni sebagai hiburan sekaligus penilaian dari team yuri. Kegiatan juga dimeriahkan oleh Bapak, Ibu Guru dengan menampilkan Lagu - Lagu kenangan serta Anggota Dewan Sughli HW Klaten dengan lagu mereka. Kegiatan Api Unggun berakhir pukul 22.30 WIB dan mereka memasuki jam malam untuk istirahat. Pukul 01.00 peserta tenda 21 - 41 bergantian dari malam yang pertama dibangunkan untuk melaksanakan kegiatan survival dengan pembuatan bivak dilokasi tertentu hingga subuh. Begitu juga sebaliknya tenda 1 - 20 melaksanakan kegiatan sholat lail di Lapangan Utama.

Masih seperti pagi pertama, pagi kedua ini dilaksanakan kegiatan olahraga yang dipandu kembali Bapak Hasyim dan Putrinya hingga pukul 06.30 WIB. Pukul 08.00 para peserta berkumpul kembali untuk melaksanakan kegiatan outbound selama 1 jam dipandu oleh Nur Cahya Utama dan Maret. Pukul 09.00 WIB semua peserta membereskan lokasi pertendaan dan melaksanakan Upacara Penutupan dipandu oleh Haryono dan ditutup oleh Bapak Aziz. Para Peserta kembali ke SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara dengan suasana gembira walau keadaan capek. Semangat wahai Kader - Kader Bangsa !!!

0 komentar:

Post a Comment