Tadzabur Alam SMK Muh 3 Klaten Utara

Jumat - Ahad, 7 - 9 Mei 2010 SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara menutup acara KBM dengan perkemahan Tadzabur Alam di Sinolewah, Sleman, Yogyakarta khusus kelas 1 dengan panitia Dewan Kerabat beberapa dari kelas 2, Pembina HW serta 2 Dewan Sughli HW Klaten (Nur Cahya Utama dan Sedep) dan 2 Pimpinan Kwarda HW Klaten (Bapak Purwadi, S.Ag dan Muhammad Dzikron). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahuan yang dilakukan sebagai penutup KBM disekolahan sekaligus pendidikan mental dan agama bagi kelas 1 sebagai pembekalan mereka akan naik ke kelas 2.


Pendirian Tenda dan Perlengkapannya berlangsung selama 2 jam hingga pukul 11.00 di hari pertama, dilanjutkan dengan persiapan Sholat Jumat. Setelah Sholat Jumat masuk dengan kegiatan - kegiatan lomba - lomba diantaranya Ibadah (MTQ), Pembuatan Dlagbar dan Evakuasi Korban Kecelakaan. Kegiatan hingga pukul 05.00 WIB. Sholat Maghrib, Tadarus bersama dan Sholat Isya' dilaksanakan di Lapangan Utama yang dipandu langsung oleh Bapak Kepala Sekolah (Bapak Dulrochmad). Malam dilanjutkan dengan lomba ibadah dan pemberian materi ESQ oleh fasilitator.

Jam 03.00 WIB semua melaksanakan sholat lail dengan dilanjutkan sholat subuh dan kultum. Pukul 05.00 WIB para peserta melaksanakan olahraga ringan yang dipandu oleh Dewan Eksekutif hingga 06.00 WIB. MCK tiba giliran panitia untuk sarapan karen akan segera menuju pos - pos route tadzabur alam. 08.00 WIB semua peserta siap dilapangan utama untuk apel pagi dan pemberangkatan melaksanakan tadzabur alam. Menyusuri bukit, sungai, gunung, hutan para peserta tetap semangat menempuhnya hingga sampai di kaliadem dan berhenti sejenak menikmati pemandangan yang indah. Hamparan pasir dan batu yang terjadi karena letusan merapi beberapa tahun yang lalu.

Para peserta melanjutkan perjalanan ke buper kembali. Disini adalah pos terakhir. Mereka absensi dan melaksanakan outbound kerjasama team. Waktu dzuhur tiba dan melaksanakan jamaah sholat di lapangan utama. Kemudian dilanjutkan lomba-lomba kembali diantaranya Volly Ball, Mendirikan Tenda dan Ibadah. Malam terakhir adalah malam panggung kesenian. Para peserta menampilkan unjuk kebolehan. Ada yang bermain musik, dangdut dengan diiringi organ, serta ada juga yang kreatif menampilkan drama.

Hari terakhir mereka bersiap - siap packing perlengkapan dan bersih - bersih tempat yang merupakan sebuah kebiasaan dari HW adalah "Kegiatan datang bersih, pulang harus lebih bersih dan rapi". Semoga menjadikan kebaiasaan baik.

0 komentar:

Post a Comment