Studentbook, Facebook Indonesia untuk Akademik

Studentbook merupakan sistem jejaring sosial akademik yang mengintegrasikan berbagai model interaksi pendidikan dan pembelajaran melalui internet secara lebih mudah, lebih luas, dan murah. Agaknya, ketakutan para orangtua dan guru pada pengaruh buruk internet bakal diredusir dengan adanya studentbook. Anak didik bakal bisa dipantau kegiatannya melalui jejaring ini. Inilah internet sehat buat siswa sekolah.


Ini karena studentbook adalah sebuah sistem jejaring sosial akademik yang mengintegrasikan 3 (tiga) hal sekaligus dalam satu sistem berbasis web yakni sistem informasi akademik, komunikasi akademik stakeholders pendidikan, dan e-learning.
Studentbook diharapkan dapat memenuhi harapan tentang adanya suatu media belajar dan komunikasi antar semua stakeholders yang ada dalam proses belajar yaitu : sekolah, guru, siswa, dan orangtua.
‘’Kami selalu berusaha untuk menjadi mitra digital bagi seluruh stakeholders pendidikan di Indonesia untuk menuju standard global. Semoga sistem jejaring sosial akademik studentbook ini benar-benar mampu mendorong seluruh stakeholders utama dalam dunia pendidikan untuk maju, makin produktif, dan menciptakan generasi berprestasi,’’ kata Muh Irfan Nugroho, Dirut Sahabat Belajar Indonesia.
‘’Studentbook bukan semata portal, studenbook adalah platform. Boleh jadi, inilah platform pendidikan terlengkap di Indonesia,’’ tutur Rangga Aditya, pembangun Platform Studentbook.

Kontrol Orangtua kepada Anak
Sistem studentbook ini dilengkapi dengan SMS notifikasi perkembangan akademik siswa kepada orang tua masing-masing yang dikirim setiap hari melalui telepon selular mereka. Keuntungan dari SMS notifikasi ini ialah bahwa orang tua bisa memantau secara penuh perkembangan akademik anaknya di sekolah. 
Melalui SMS notifikasi ini orang tua selalu mendapatkan up-date harian tentang absensi siswa (setiap jam pelajaran), tugas-tugas (PR) yang diberikan, materi-materi yang sudah diajarkan, pelajaran yang perlu disiapkan, saran dari guru, dan pengumuman-pengumuman resmi dari sekolah. 
‘’Dengan demikian, orang tua memiliki kontrol penuh atas perkembangan akademik anaknya di sekolah. Melalui studentbook, kami berusaha menjembatani internet sehat bagi para siswa,’’ ujar Asykuri ibn Chamim, salah satu penggagas Studentbook.

Rumahbacaonline.com Pelengkap Studentbook
Sebagai sebuah plattform pendidikan terlengkap di Indonesia, Studentbook diperkaya dengan database ilmu pengetahuan yang ter-up-date melalui kanal News & Iptek yang langsung link ke www.rumahbacaonline.com. 
Rumahbacaonline adalah ruang belajar virtual bagi para sahabat belajar Indonesia, juga orangtua yang haus segala pengetahuan populer. Pun tempat berbagi pengetahuan antar generasi berprestasi. 
Bukan cuma ilmu pengetahuan dan news pendidikan, rumahbacaonline.com pun dilengkapi edu game: bersenang-senang dengan permainan sekaligus belajar ilmu pengetahuan. Rumahbacaonline adalah jendela menuju gerbang ilmu pengetahuan.
Proses Komunikasi  Akademik dalam Studentbook 
  1. Siswa dengan guru (belajar mengajar) 
  2. Memediasi komunikasi akademik (pembelajaran, penugasan, penilaian, report)
  3. Siswa dengan orangtua (pendampingan/kontrol)
  4. Memfasilitasi progress report siswa kepada orang tua, pendampingan saran dan motivasi orangtua kepada siswa.
  5. Orangtua dengan guru (konsultatif)
  6. Memfasilitasi konsultasi kondisi akademik siswa antara orangtua dan guru, termasuk diantaranya saran maupun keluhan.
  7. Siswa dengan siswa lain (pertemanan)
  8. Memfasilitasi jejaring pertemanan
  9. Guru dengan guru (konsultatif, koordinatif, pengembangan materi/skill)
  10. Memfasilitasi sharing materi, metode, skill, dan komunikasi antar guru. Baik dari sekolah yang sama maupun antar sekolah berbeda.
  11. Guru dengan sekolah (konsultatif, koordinatif, kontrol)
  12. Memfasilitasi pelaporan, database akademik, dan kontrol sekolah terhadap aktivitas akademis guru.
  13. Sekolah dengan masyarakat (publikatif, informatif)
  14. Komunikasi program-program sekolah, kalender akademis, pendaftaran online, pengumuman kepada masyarakat.


sumber : http://www.rumahbacaonline.com/news/detail/studentbook.co.id-sebuah-platform-pendidikan-terlengkap-

Bagi anda yang ingin tau lebih jelas terkait studentbook, Silahkan kontak kami via email : gkhwklaten@gmail.com.

0 komentar:

Post a Comment