Sandi - Sandi Hizbul Wathan dan Converter

Hizbul Wathan adalah sebuah kepanduan yang menerapkan metode hidup dialam bebas seperti yang diajarkan oleh Bapak Pandu Dunia Lord Bodel Powell. Boden Powell menerapkan 8 tehnik kepanduan, yang salah satunya adalah Bahasa Isyarat. Bahasa Isyarat terbagi menjadi 3 macam, yaitu Semaphore, Morse dan Sandi. Sandi berarti RAHASIA, artinya ketika semua orang telah mengetahui bahasa sandi itu, maka bisa jadi dikatakan itu bukanlah SANDI lagi, karena sudah tidak menjadi RAHASIA lagi. Sandi digunakan sebagai pesan rahasia agar orang lain tidak mengetahui sebuah rahasia dalam sebuah kelompok tertentu. Termasuk dalam Hizbul Wathan, pengembangan sandi yang telah beredar sangatlah banyak. 

Berikut adalah sebuah metode bahasa Isyarat dalam Hizbul Wathan :
  1. Semaphore, metode bahasa isyarat ditemukan oleh Tuan Semaphore yaitu metode penyampaian pesan dengan menggunakan bendera yang terdiri dari 2 warna yaitu warna terang dan warna gelap yang terikat pada tongkat dengan ukuran 45 cm x 45 cm. Aturannya adalah bendera warna gelap tertali pada tongkat. Untuk mempermudah pembuatan soal dapat menggunakan konverter semaphore, klik disini.
  2. Morse, metode bahasa isyarat ditemukan oleh Tuan Morse yaitu metode penyampaian pesan dengan menggunakan logika dasar titik dan strip (kecil dan besar). Morse dapat disampaikan dengan menggunakan bendera, suara, cahaya dan tulisan. Untuk mempermudah pembuatan soal dapat menggunakan konverter morse, klik disini.
  3. Sandi, metode penyampaian pesan dengan menggunakan gaya bahasa atau tulisan, gambar yang unik. Macam sandi sangatlah banyak sekali seperti yang telah banyak diterapkan dalam kepanduan seperti sandi kotak, sandi angka, sandi koordinat, sandi napoleon, sandi matematika, sandi kimia, dan lain sebagainya (akan dibahas berikutnya).


Namun pada kesempatan kali ini, kita akan bahas metode pembuatan sandi yang mungkin belom banyak diterapkan dengan menggunakan bantuan font komputer. Kita dapat menggunakan aplikasi Ms. Word atau Corel Draw untuk membuatnya. Caranya sangat mudah, seperti yang diterapkan dengan metode konverter, silahkan dengan mengetik perintah yang akan dipakai bahasa sandi, misal : Pandu Hizbul Wathan itu Teliti dan Hemat. Kalimat yang sudah diketik dapat dirubah menjadi berbagai macam font, misalnya font : Braille (konverter klik disini), wingdings, hanacaraka, ayat quran, dan lain sebagainya. Untuk font - fontnya update .... Selamat mencoba :)  By. Zie 'Des 14.

0 komentar:

Post a Comment