Hikmah Study Banding ke SD Muh Condongcatur dan Tadabbur Alam

Sabtu, 7 Februari 2014 keluarga besar Pelatih Hizbul Wathan Kabupaten Klaten bersilaturahim ke SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan program pelatih eks Jaya Melati 2 Jawa Tengah, dengan konsep touring dengan pengawalan dari Satlantas Polres Klaten. Para peserta melakukan registrasi di Masjid Annur Sangkal Putung, Bareng Lor, Klaten dan sambutan dari Kwarda Hizbul Wathan Klaten. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 130 orang terdiri dari 90 pelatih dan 40 Dewan Sughli Hizbul Wathan, dengan mengendarai 60 sepeda motor dan 3 mobil bagi yang belum mempunyai SIM (Surat Izin Mengemudi).

Ditengah perjalanan sempat terhenti untuk memakai jas hujan, karena kondisi alam mendukung ikut serta mewarnai kegiatan touring kali ini. Tetapi pemandangan nampak lain ketika ada pelagi yang indah muncul dihadapan disepanjang perjalanan hingga sampai di SD Muhammadiyah Condongcatur. Sesampai disana, langsung dihadapkan dengan suguhan latihan - latihan Pandu Athfal dan Pengenal. Melihat keceriaan anak - anak memberikan sebuah kesan tersendiri bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Ada banyak hal hikmah yang dapat kita ambil dari kegiatan ini, diantaranya sebagai berikut :
  1. Setiap kekurangan harus ditutup dengan potensi kelebihan (Ramanda Yudi Wardana, M.Sc - Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur)
  2. Jadilah guru yang inspiratif, tidak hanya sekedar menjadi guru yang baik (Ramanda Yudi Wardana, M.Sc - Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur)
  3. Jadikan sekolah Muhammadiyah sebagai lahan dakwah (Ramanda Yudi Wardana, M.Sc - Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur)
  4. Memuhammadiyahkan warga Muhammadiyah (Ramanda Yudi Wardana, M.Sc - Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur)
  5. Sebuah perubahan akan berdampak pada perubahan - perubahan yang lainnya, bersiaplah dan hadapi  (Ramanda Yudi Wardana, M.Sc - Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur)
  6. Barang siapa menolong agama Allah, pasti Allah akan menolong hambanya (Ramanda Sukasno - Kwarda HW Klaten)
  7. Menjadi jiwa pembelajar dan segera mengaplikasikannya  (Ramanda Iskandar - Majelis Dikdasmen Klaten)
  8. Pendidikan karakter didapatkan dari Hizbul Wathan (PCM Depok, Sleman)
  9. Kurikulum Hizbul Wathan telah dirancang dengan sebaik - baiknya (Ramanda Bazar - Kwarpus Hizbul Wathan)
  10. Pengembangan Kegiatan Ke HW an itu perlu, selama tidak keluar dari jalur - jalur yang telah ditentukan (Ramanda Bazar - Kwarpus HW)
  11. Sedikit bicara banyak bekerja, padi semakin berisi merunduk (Ramanda Sehono - Kwarda HW Klaten)
  12. Orang yang baik bukan berarti bukan orang yang tidak pernah salah, tapi orang yang baik adalah orang yang pernah salah tetapi mau belajar dari kesalahannya itu dan mau memperbaikinya (Ibunda Fatimah Wijayati - Kwarda HW Klaten)
  13. Menjadi guru perlu mempunyai metode - metode dalam penanaman karakter dalam berbagai jenis hal kegiatan (Ramanda Untung - Pembina HW SD Muhammadiyah Condongcatur)
Kegiatan dilanjutkan dengan tadabbur alam di Kaliurang dan kembali ke Klaten tercinta. Demikian hikmah dari perjalanan hari ini, jayalah Hizbul Wathan Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment